Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jelang Libur Panjang, Bupati Banyuwangi Imbau Pelaku Wisata Taati Protokol Kesehatan

Kompas.com - 27/10/2020, 16:40 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengimbau para pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) serta pengelola hotel untuk meyakinkan konsumen dengan protokol kesehatan.

Himbauan itu disampaikan Azwar salam rangka menyambut libur panjang dan cuti bersama Rabu (28/10/2020)-Minggu (1/11/2020),

Pasalnya, masyarakat yang hendak berlibur pun diimbau memilih tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan.

“Beri kenyamanan pada konsumen dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Anas, seperti dimuat covid19.go.id, Senin (26/10/2020).

Anas mengatakan hal tersebut, dalam talkshow Bangkit dari Covid-19: Sinergi Pemerintah Daerah dan UMKM, di Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Satgas Bagikan Tips Liburan Aman dari Covid-19

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta mengindari kerumunan atau jaga jarak (3M)

Pada kesempatan tersebut, Anas pun menceritakan program untuk menjemput wisatawan lokal di wilayahnya, antara lain penerbitan sertifikat new normal untuk hotel, restoran, dan tempat wisata lainnya, hingga pengembangan food street khusus pelaku UMKM pada malam tertentu.

“Karena banyak pelaku UMKM yang tak mampu, maka pada malam tertentu jalan ditutup dan mereka buka. Hanya satu hari,” kata Anas.

Salah satu pelaku UMKM di Ubud, Bali, Wayan Sudarmadja mengatakan, dirinya telah mematuhi aturan pemerintah mulai dari memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, serta mengurangi jumlah kursi di tempat usahanya.

Meski begitu, Wayan tetap merasa khawatir kalau usahanya tidak didatangi pengujung.

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Kemendagri Imbau Pemda Siapkan Protokol Kesehatan di Lokasi Wisata

“Masalahnya kalau tamu enggak datang, bagaimana?” kata Wayan.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Direktur Jenderal (Dirjen) Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan, untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan asing, dibutuhkan keberhasilan dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

“Internasional tergantung trust (tingkat kepercayaan), semakin disiplin makin percaya. Misalnya mempertahankan zonasi hijau makin bagus,” ujar Safrizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com