Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Operasi Zebra Lodaya 2020 di Cianjur, Sasar Warga yang Tak Pakai Masker

Kompas.com - 27/10/2020, 07:12 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Hari pertama pelaksanaan operasi Zebra Lodaya 2020, giat dilakukan dengan menyasar sejumlah pengendara dan pejalan kaki yang kedapatan tidak pakai masker.

Alhasil, sebanyak 50 lembar masker dibagikan kepada para pelanggar protokol kesehatan Covid-19 tersebut.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Meilawaty mengatakan, razia kali ini lebih mengedepankan penindakan melalui teguran yang simpatik, persuasif dan humanis.

Baca juga: Libur Panjang, Kendaraan Besar Dilarang Melintasi Jalur Puncak

Sebagai wujud simpatik, persuasif dan humanis, pihaknya melibatkan dua badut polisi dan badut si Zebra yang turut membagikan masker kepada pejalan kaki dan pengendara.

“Hari ini ada puluhan masker yang dibagikan kepada para pengendara roda dua dan pejalan kaki yang kedapatan tidak memakainya di lokasi Pospol Cepu 9 Ramayana Cianjur,” kata Mei seperti dikutip dari rilis tertulis, Senin (26/10/2020).

Disebutkan, giat operasi ini akan dilaksanakan terhitung 26 Oktober hingga 8 November mendatang yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran serta kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Selain itu, operasi yang digelar di tengah pandemi ini diharapkan bisa menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Cianjur.

“Pembagian masker dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, serta mengurangi totalitas angka kecelakaan di tengah adaptasi kebiasaan baru ini,” ucapnya.

Baca juga: Libur Panjang, Pemeriksaan Kendaraan di Puncak Akan Diperketat

Ada pun operasi Zebra Lodaya di hari pertama ini dengan menggelar razia di lima titik sekaligus, yakni kawasan Pasar Ciranjang, Pospol Cepu 8, 9, dan 10, serta di kawasan dan jalur Puncak Cipanas.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com