Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Rawat Jalan Tak Perlu Datang ke RSUD Sumedang, Ini Kegunaan Aplikasi Koncibumi

Kompas.com - 26/10/2020, 22:47 WIB
Aam Aminullah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Pasien rawat jalan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, nantinya tidak perlu lagi datang ke RSUD Sumedang untuk mendapatkan obat yang sebelumnya telah diresepkan oleh dokter.

Pasien rawat jalan di Sumedang cukup mengakses aplikasi Koncibumi untuk mendapatkan resep obat tersebut.

Adapun Koncibumi merupakan singkatan dari Kontrol Cicing di Bumi, atau kontrol dengan tetap diam di rumah.

Baca juga: Ridwan Kamil: Jangan Kaget kalau Wisatawan Dihentikan Saat Libur Panjang

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Koncibumi merupakan aplikasi pelayanan rawat jalan yang memberikan layanan antar obat untuk pasien rawat jalan di RSUD Sumedang.

"Selama ini, masih banyak warga atau pasien yang harus kontrol ke rumah sakit dengan memesan obat secara langsung datang ke RSUD," ujar Dony kepada Kompas.com, saat meluncurkan aplikasi Koncibumi di RSUD Sumedang, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Suasana Haru Pemakaman Dokter yang Meninggal akibat Corona di Bogor

Dony menuturkan, dengan hadirnya aplikasi Koncibumi ini, pasien hanya dengan tetap berada di rumah dapat menyampaikan permohonan untuk memesan obat.

Kemudian, pada hari yang sama petugas akan datang dan memberikan obat kepada pemohon tersebut.

"Aplikasi ini sangat baik sekali, apalagi di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, karena akan mengurangi interaksi, sehingga membuat kita aman dari virus corona. Tentunya, aplikasi ini juga dapat membantu warga agar terus produktif karena obat dapat diberikan," tutur Dony.

Baca juga: Balita 4 Tahun Trauma karena Dianiaya, Selalu Bilang Om, Maaf ya Om

Dony mengatakan, kehadiran aplikasi Koncibumi ini diharapkan dapat dimaksimalkan, sehingga meminimalisasi interaksi antara pasien, perawat, dan dokter di RSUD Sumedang.

"Jadi dengan adanya aplikasi Koncibumi ini, warga, perawat dan dokter juga bisa terhindar dari terpapar Covid-19," sebut Dony.

Dony menambahkan, aplikasi Koncibumi merupakan salah satu solusi dari RSUD Kabupaten Sumedang dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada seluruh warga Sumedang.

"Pemerintah Sumedang akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada warga termasuk di bidang kesehatan, salah satunya dengan peluncuran aplikasi Koncibumi," kata Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com