Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan, Penumpang Kereta Api Diminta Lakukan Rapid Test Lebih Awal

Kompas.com - 26/10/2020, 22:24 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Lonjakan penumpang kereta api diprediksi bakal terjadi pada libur panjang akhir pekan ini.

Agar tak terkendala saat hendak berangkat, PT KAI berharap para penumpang sudah mengantongi surat keterangan bebas dari Covid-19 atau keterangan nonreaktif dari hasil rapid test virus corona.

Baca juga: PT KAI Tambah Jumlah Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Sambut Libur Panjang, Ini Jadwal Lengkapnya

Dokumen keterangan bebas dari Covid-19 tersebut wajib ditunjukkan setiap penumpang saat menempuh perjalanan dengan kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daop 07 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas deteksi cepat virus corona di Stasiun Madiun, Blitar, Kertosono, dan Jombang.

Fasilitas rapid test tersebut disediakan khusus bagi penumpang yang sudah memegang tiket perjalanan agar memenuhi syarat perjalanan yang sudah ditentukan.

Menurut Ixfan, fasilitas pelayanan rapid test di stasiun bisa diakses setiap hari oleh para penumpang, hingga beberapa saat menjelang keberangkatan.

Namun, lanjut dia, para penumpang yang akan melakukan rapid test di stasiun, diharapkan datang lebih awal atau sehari menjelang keberangkatan.

Imbauan itu disampaikan karena jumlah calon penumpang kereta menjelang libur panjang pada akhir bulan ini mengalami peningkatan drastis.

Ixfan mengatakan, peningkatan jumlah penumpang yang diikuti dengan bertambahnya pemanfaat fasilitas rapid test di stasiun dikhawatirkan menimbulkan antrean.

Karena itu, Ixfan berharap, para penumpang melakukan rapid test lebih awal untuk menghindari antrean saat keberangkatan.

"Dikhawatirkan bila pelanggan yang akan bepergian melakukan rapid test pada hari H keberangkatan, bisa mengakibatkan tertinggal dari KA yang akan ditumpangi," kata Ixfan melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Para penumpang kereta api wajib memakai masker selama perjalanan, maupun saat berada di kawasan stasiun kereta api.

PT KAI, jelas dia, juga menyediakan fasilitas cuci tangan serta melakukan penataan tempat duduk sesuai jarak aman.

"Imbauan kami kepada para penumpang, patuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Ini untuk kebaikan kita bersama," ujar Ixfan.

Baca juga: KPU Ternate Larang Paslon dan Pendukung Lakukan Arak-arakan Saat Hadiri Debat Pilkada

Untuk mengantisipasi tingginya jumlah penumpang selama libur panjang, PT KAI mengoperasikan sejumlah KA reguler yagn melewati Daop 7 Madiun.

Di antaranya KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng–Pasar Senen PP, Wijaya Kusuma relasi Ketapang–Cilacap PP, serta satu KA keberangkatan Daop 7, yaitu KA Anjasmoro yang berangkat dari Stasiun Jombang tujuan Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com