Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNM Bantah Mahasiswanya Terlibat Perusakan Kantor Nasdem Makassar

Kompas.com - 23/10/2020, 23:49 WIB
Hendra Cipto,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Universitas Negeri Makassar (UNM) Burhanuddin membantah jika mahasiswanya terlibat perusakan kantor dan pembakaran mobil ambulans Partai Nasdem.

“Pelaku kerusuhan itu bukan mahasiswa kami. Apalagi yang melakukan penyerangan dan perusakan kantor Nasdem serta membakar mobil ambulans,” kata Burhanuddin ketika dikonfirmasi, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Kapolda Sulsel Sebut Demo di Makassar Disusupi Aliansi Makar

Burhanuddin mengaku, pihak UNM belum mengetahui kelompok massa yang melakukan aksi demontrasi hingga berakhir kerusuhan di depan kampus. Apalagi, belum ada informasi lebih lanjut dari aparat kepolisian yang sudah mengamankan 21 orang.

“Kami tidak mengetahui siapa pelaku kerusuhan itu. Hanya saja, mereka masuk ke dalam kampus sehingga dikira mahasiswa UNM. Pihak keamanan kampus yang dijaga tiga orang juga tidak bisa menahan masuknya massa itu, karena jumlahnya yang sangat banyak,” tuturnya.

Burhanuddin juga meyakini jika 21 orang yang ditangkap oleh aparat kepolisian itu bukan mahasiswa UNM. Dimana selama ini, solidaritas mahasiswa yang sangat tinggi jika ada rekannya yang ditangkap.

“Biasanya kalau ada yang ditangkap, mahasiswa lain itu biasa melakukan aksi solidaritas agar rekan-rekannya dibebaskan. Tapi ini tidak ada dan saya yakin pelaku kerusuhan itu bukan mahasiswa UNM,” pungkasnya.

Baca juga: Demo Tolak Omnibus Law di Makassar Ricuh, Polisi Tangkap 13 Orang

Sebelumnya diberitakan, aksi unjuk rasa tolak pengesahan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja yang dilakukan di Jalan A. P. Pettarani tepat di depan kampus UNM Makassar, Kamis (22/10/2020) berujung ricuh

Massa aksi serta warga sekitar terlibat bentrok. Saling lempar batu pun tak terhindarkan hingga membuat warga yang ingin melintas di jalan itu harus melewati jalur alternatif lain. 

Akibat bentrokan itu, kantor DPD Partai Nasdem di Jalan A. P. Pettarani turut dirusak oleh orang tak dikenal.

Selain itu, ambulans Partai Nasdem yang berada di halaman kantor turut dibakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com