Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bersama Bobby Nasution, Wagub Sumut Musa Rajeckshah Dilaporkan ke Bawaslu

Kompas.com - 22/10/2020, 07:28 WIB
Dewantoro,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kuasa hukum pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi (AMAN), M. Hatta menyatakan pihaknya melaporkan secara resmi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah ke Bawaslu Kota Medan.

Hal tersebut diungkapkannya kepada wartawan usai klarifikasi Akhyar Nasution terkait dugaan pelanggaran aturan kampanye pada Rabu (21/10/2020) sore.

"Terkait dengan kegiatan pejabat  pejabat negara dalam hal ini Wakil Gubernur Sumatera Utara," katanya.

Dijelaskannya, pihaknya sudah membuat laporan pengaduan dan meminta agar Bawaslu memperlakukan hal yang sama dengan prinsip keadilan.

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Bawaslu Tegur 3 Kontestan Pilkada Mojokerto

 

"Kita minta supaya netralitas dalam pilkada ini, mohon lah ditegakkan. Jadi tidak tebang pilih," ungkapnya.

Dikatakannya, laporan itu terkait akumulasi, yakni sebelum Paslon ditetapkan, narasi Wagubsu mendukung salah satu Paslon.

"Jadi setelah Paslon ditetapkan oleh KPU, ternyata kita yang telah mengingatkan jauh-jauh hari, masih ada, patut diduga masih melakukan hal yang sama. Maka dari itu kita minta agar segera klarifikasi kepada beliau. Sudah resmi dilaporkan," ungkapnya.

Baca juga: Duduk Perkara Paslon Ilyas-Endang Didiskualifikasi KPU Ogan Ilir, Berawal dari Laporan Paslon Lawan

Tanggapan Bawaslu

Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap menjelaskan pelaporan itu dilakukan pada Selasa (20/10/2020).

Saat ini pelaporan itu masih dalam proses pengkajian dan rencananya hari ini akan dibahas, apakah sudah memenuhi syarat formil dan materil.

"Ada hanya foto yang saya lihat. Karena itu masih di Gakumdu, berkas administrasinya belum saya lihat secara jelas," katanya.

Payung menambahkan, pihaknya secara internal memiliki group WhatsApp berlima. Laporan itu dikirimkan ke grup tersebut untuk dikaji bersama sebelum rapat pleno digelar.

"Yang dilaporkan itu pak Musa Rajekshah yang notabene katanya di situ, Wakil Gubernur Sumatera Utara. Saya belum lihat dokumennya. (Itu terkait) foto bersama pak Bobi. Saya juga belum tau sebelum kampanye atau sesudah masa kampanye," katanya.  

Baca juga: Diduga Pasang Foto di Bungkusan Bantuan Warga, Paslon Petahana Pilkada PALI Dilaporkan ke Bawaslu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com