Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset I2: Setahun Jokowi-Ma'ruf, Rapor Kinerja di Media Menuai 76 Catatan

Kompas.com - 21/10/2020, 10:56 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang telah memasuki tahun pertama tak lepas dari sorotan media.

Indonesia Indicator (I2) menggunakan piranti lunak kecerdasan buatan (AI/artificial intellegence), mencatat rapor kinerja Jokowi di media massa pada tahun pertama periode II mencapai 76 dengan catatan.

“Dengan catatan, framing media pada pemberitaan Jokowi didominasi sentimen netral yang lebih tinggi, yakni 40 persen, disusul tone positif 36 persen dan negatif sekitar 24 persen," ujar Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang, saat dihubungi Rabu (21/10/2020).

Menurut Rustika, sepanjang 20 Oktober 2019 hingga 30 September 2020, kinerja Jokowi diliput 2.209 media online Indonesia dalam 690.317 berita.

Baca juga: Riset I2: Donald Trump Masuk Top Influencer Media di Indonesia Terkait Covid-19

 

Soal penanganan Covid-19

Sebanyak 43 persen pemberitaan di media online diisi masalah penanganan Covid-19 oleh Jokowi. Hal inilah yang salah satunya diberikan framing netral oleh media. Dalam arti media wait and see dalam menghadapi kondisi pandemic yang juga menjadi isu global saat ini.

“Masalah ini adalah masalah yang sangat sensitif, hal-hal yang sifatnya saintifik, media akan memberikan informasi dengan sangat hati-hati karena dampaknya sangat luas,” lanjut Rustika.

Perhatian Jokowi pada isu-isu terkait perekonomian di tahun pertama periode II Jokowi juga menjadi atensi terbesar media massa. Isu-isu ekonomi dibahas sebanyak 47 persen dari total pemberitaan tentang Jokowi.

Hal itu, tak lepas dari pandemi Covid-19 yang menjadi persoalan nasional dan global, berakibat pada minusnya pertumbuhan ekonomi kuartal II dan III 2020.

Pemberitaan media massa terkait Jokowi disusul oleh isu Politik dan Keamanan (Polkam) sebanyak 23 persen, isu Sosial 22 persen, dan isu Hukum 8 persen.

Baca juga: Riset I2: Prabowo Menteri Paling Banyak Dibicarakan Warganet dalam 100 Hari Kabinet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com