Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Corona Tambah 48 Orang, Mimika Siapkan Rumah Sakit Darurat

Kompas.com - 15/10/2020, 22:26 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KOMPAS.com - Warga yang terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, bertambah 48 orang, Kamis (15/10/2020).

Secara keseluruhan kasus Covid-19 di Mimika sudah mencapai 2.178 kasus.

Kian bertambahnya pasien Covid-19 di Mimika, membuat Pemkab setempat tengah menyelesaikan renovasi Rusun Wisma Atlet di Kelurahan Timika Jaya SP2 Timika untuk dijadikan rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra mengatakan, penyiapan Rusun Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat pasien Covid-19 dilakukan lantaran RSUD Mimika dan RSMM Timika sudah tidak sanggup lagi menampung seluruh pasien Covid-19.

Baca juga: Pesawat Tariku Tergelincir di Papua akibat Landasan Licin karena Hujan

"Kami masih harus menyelesaikan jaringan listrik dan air bersih. Setelah itu kami akan menyiapkan tempatnya agar fasilitas tersebut layak dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19," kata Reynold, seperti dilansir dari Antara, Kamis.

Dalam perkiraan Dinkes Mimika, saat ini masih terdapat sekitar 3.000-an pasien Covid-19 di tengah masyarakat setempat yang belum terdeteksi.

Fasilitas Rusun Wisma Atlet SP2 Timika nantinya akan menampung pasien tidak berisiko tinggi yang sementara ini menjalani perawatan baik di RSUD Mimika maupun RSMM Timika.

"Pasien yang masih membutuhkan perawatan serius akan dirawat di lantai satu, sementara pasien dengan gejala ringan akan ditempatkan di lantai dua. RS darurat ini bisa menampung sekitar 40 pasien," ujar dia.

Rusun Wisma Atlet SP2 dijadikan RS darurat pasien Covid-19 agar beban kerja di RSUD Mimika dan RSMM Timika bisa berkurang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com