Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minibus Rombongan Wisata ke Tawangmangu Tabrak Gapura dan Masuk Jurang, 2 Tewas

Kompas.com - 15/10/2020, 10:56 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Minibus yang membawa rombongan wisata ke Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah mengalami kecelakaan di Jalan Jatiyoso-Matesih tepatnya di Dusun Kangsi RT 001, RW 001 Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah pada Rabu (14/10/2020).

Minibus yang dikemudian Muhammad Solikhin (33) menabrak gapura pembatas desa hingga terpental masuk ke jurang. Akibatnya, dua orang meninggal dan tiga luka ringan.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Maulana Ozar mengatakan, dua korban meninggal tersebut adalah sopir dan satu orang penumpang yang duduk di depan.

Baca juga: Sedang Dorong Motor, Seorang Pria Tewas Tertimpa Muatan Truk yang Kecelakaan

Satu orang penumpang ini sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Karena lukanya yang cukup serius akhirnya meninggal.

"Ada 13 orang dalam minibus. 12 penumpang dan satu sopir. Yang meninggal sopir sama satu penumpang depan. Luka ringan ada tiga penumpang," kata Maulana saat dikofirmasi Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Kecelakaan tunggal tersebut bermula minibus yang dikemudikan Muhammad Solikhin berangkat dari Dusun Kedung Winong, Sukoharjo pukul 10.00 WIB.

Mini bus membawa rombongan 12 penumpang dengan tujuan Tawangmangu. Dalam perjalanan mini bus tersebut melintas Kecamatan Jatipuro - Kecamatan Jatiyoso.

Sekitar pukul 11.15 WIB rombongan melintas Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso dengan medan jalan yang sangat ekstrim. Sopir hendak mengurangi gigi dari tiga ke satu.

Akan tetapi, sulit dilakukan dan terjadi gigi netral kemudian minibus tidak bisa dikendalikan karena rem tidak berfungsi atau blong.

Sopir mengambil langkah menabrakkan minibus tersebut pada gapura batas Desa Karangsari dengan Desa Wukirsawit. Setelah menabrak gapura, minibus tersebut terpental ke jurang.

"Dugaan sementara karena rem tidak berfungsi atau blong. Tapi masih akan kita cek lagi," terang Maulana.

Baca juga: Sopir Bus Tak Tahu Medan dan Rem Blong Penyebab Kecelakaan di Tawangmangu

Terpisah, Kapolsek Jatiyoso Iptu Subarkah menambahkan, kecelakaan tunggal yang terjadi diduga sopir mini bus tidak menguasai medan. Sebab, medan jalan yang dilewati sangat ekstrem.

"Pengemudi tidak menguasai medan karena medan tersebut sangat ekstrem (pengemudi luar wilayah Kecamatan Jatiyoso)," terang dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com