Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karimunjawa Kembali Terima Wisatawan, Ganjar: Sedikit Ekslusif Dulu

Kompas.com - 14/10/2020, 22:26 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar Taman Nasional Karimunjawa, Kabupaten Jepara dilakukan pengawasan ketat terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal ini menyusul diumumkannya secara resmi pembukaan aktivitas wisata di Taman Nasional Karimunjawa mulai Jumat (16/10/2020).

“Saya minta Kadisporapar-nya untuk mengawasi. Syaratnya ketat. SOP-nya diikuti juga dengan ketat, kalau perlu semua menggunakan tes-tes yang tidak hanya rapid tapi PCR. Dan transportasi harus didata, dan beres," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Ganjar Bagikan Draf Lengkap UU Cipta Kerja ke Buruh dan Rektor: Monggo Diwaos

Ganjar berharap agar wisatawan memaklumi pembatasan ketat yang dilakukan dalam pembukaan wisata Karimunjawa.

“Saya sampaikan mohon maaf kalau kemudian, mungkin agak sedikit ekslusif dulu. Mungkin biayanya agak tinggi, mungkin. Tapi karena kita butuh sesuatu yang lebih ketat maka itu jauh lebih baik,” jelasnya.

Meskipun Karimunjawa berstatus zona hijau Covid-19, tapi Ganjar mewanti-wanti kepada pelaku pariwisata untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar Karimunjawa tetap berstatus zona hijau dan mencegah terjadinya penularan Covid-19.

“Banyak teman-teman aktivis pariwisata mengatakan kan sudah zona hijau, kan engga apa-apa. Justru harus di protect. Kalau kemudian nanti yang masuk tidak kita kasih barrier, tidak kita kasih syarat, SOP yang ketat, saya khawatir yang datang ini nanti bikin kamu orange dan merah kan bahaya,” tegasnya.

Baca juga: Ganjar soal Bupati Blora Joget Dangdut Tanpa Masker: Tim Operasi Yustisi Bisa Menindak

Ganjar berharap adanya kesadaran diri dari semua pihak untuk beradaptasi kebiasaan baru terkait kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan.

“Nah kalau ini bisa ketat, justru ini bisa kita jadikan SOP dan percontohan. Makanya buka sedikit dulu, ujicoba dulu, kontrol yang superketat agar ini nanti bisa menjadi Adaptasi kebiasaannya. Nah adaptasi kebiasaan dalam satu proses itu akan menjadi pengawasan dari dinas,” tandasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com