Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karawang Zona Merah Covid-19, Peningkatan Kasus Didominasi Klaster Industri

Kompas.com - 13/10/2020, 15:48 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Jumlah kasus Covid-19 di Karawang, Jawa Barat, meningkat. Peningkatan itu didominasi dari klaster industri.

Berdasarkan hasil evaluasi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Jawa Barat periode 5-11 Oktober 2020, Karawang masuk level risiko tinggi atau zona merah dengan skol 1,62.

Padahal beberapa pekan sebelumnya, Karawang turun ke zona oranye.

"Penambahan tinggi beberapa hari ke belakang juga jadi faktor dari evaluasi ini," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Kejari Karawang dan Kebumen Tangkap DPO Kasus Korupsi Dana PNPM

Hingga Senin (12/10/2020) jumlah kasus Covid-19 di Karawang sebanyak 951 orang, naik 18 dari hari sebelumnya. Jumlah pasien yang saat ini dirawat sebanyak 193 orang.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Karawang Yayuk Sri Rahayu mengatakan, hingga saat ini ada 86 perusahaan di Karawang yang melapor ada karyawannya yang terpapar Covid-19.

Selain karyawan perusahaan, Yayuk menyebut ada seorang pengunjuk rasa yang dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja ke Jakarta.

Baca juga: Polres Karawang Tangkap 141 Orang Demonstran, 48 Positif Narkoba

 

Hal itu diketahui setelah sebuah perusahaan melakukan tes usap kepada 25 orang karyawan yang ikut aksi tersebut.

"Kami telah melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak erat dengan karyawan yang positif Covid-19 tersebut," ujar Yayuk.

Yayuk pun meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan meningkatkan imunitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com