Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Bupati Kubu Raya Positif Covid-19, Kondisi Stabil

Kompas.com - 12/10/2020, 14:45 WIB
Hendra Cipta,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengatakan, kondisi kesehatan Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo dalam keadaan stabil.

Menurut dia, pihak rumah sakit akan memberikan terapi plasma konvalesen yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) Jakarta.

“Hari ini Pak Jiwo akan diberi plasma konvalesen yang didatangkan dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta," kata Harisson kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Baca juga: Saturasi Oksigen Turun Jadi 80 Persen, Wakil Bupati Kubu Raya Dirawat di RS

Harisson menerangkan, selain terapi plasma konvalesen, Bendahara Umum DPD PDI Perjuangan Kalbar itu juga akan diberi obat-obatan anti virus.

"Untuk obat-obatan lain seperti anti virus, sudah kita kasi," ujar Harisson.

Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo tengah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso Pontianak.

Di rumah sakit, dia harus dikenakan non-invasive ventilator dikarenakan saturasi oksigen di dalam tubuhnya sempat menurun sampai 80 persen.

"Dengan ventilator itu sekarang saturasi oksigennya 98 sampai 100 persen,” ucap Harisson.

Baca juga: Positif Corona, Wakil Bupati Kubu Raya: Napas Capek, Badan Remuk

Harisson memastikan, terus memantau perkembangan kesehatan Bendahara Umum DPD PDI Perjuangan Kalbar tersebut.

Harisson menuturkan, kondisi Sujiwo hari ini dalam keadaan stabil. Dirinya juga memperjelas foto yang beredar luas memperlihatkan seakan-akan kondisinya mengkhawatirkan.

"Pada faktanya tidak. Di foto kelihatan seram padahal biasa saja. Kondisinya stabil," terang Harisson.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Sujiwo mengaku terinfeksi bersama dengan dua orang dekatnya, yakni anggota kepolisian yang merupakan ajudannya dan seorang tim media center.

“Saya sendiri pamkat (ajudan) dan tim media center dinyatakan positif berdasarkan hasil  swab  yang keluar tadi pagi,” kata Sujiwo dalam keterangan video yang dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson, Kamis (1/10/2020).

Menurut Sujiwo, swab test dilakukan usai berkontak erat dengan salah seorang pasien positif corona, pada Sabtu (26/9/2020) kemarin.

“Swab ini saya lakukan atas inisiatif pribadi. Saya hubungi Dinas Kesehatan. Karena aktivitas tinggi, saya tidak ingin ini menjadi klaster baru,” ujar Sujiwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com