Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

142 Karyawan Pabrik Rokok di Probolinggo Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 09/10/2020, 17:19 WIB
Ahmad Faisol,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sebanyak 142 karyawan dari dua pabrik rokok di Kabupaten Probolinggo, dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, ratusan pegawai itu sembuh setelah dirawat di rumah sehat yang disiapkan pemilik pabrik.

Baca juga: 150 Karyawan di 2 Pabrik Rokok di Probolinggo Positif Covid-19

"Ada sekitar 142 orang karyawan sudah sembuh. Beberapa hari lalu dua pabrik tersebut sudah lockdown dan tutup separuh. Juga sudah dilakukan penyemprotan. Sekarang sudah sembuh semua mereka yang 142 orang itu," jelas Ugas saat dihubungi Kompas.com, Jumat (09/10/2020).

Ugas mengatakan, kedua pabrik itu memberlakukan aturan ketat kepada karyawan yang positif Covid-19. Prosedur itu lebih ketat daripada satgas.

Satgas akan mengizinkan pasien tanpa gejala pulang dari pusat karantina setelah 14 hari karantina dan sekali menjalani tes swab.

Namun, pabrik menerapkan lima kali tes swab sebagai syarat kesembuhan.

"Sedangkan pabrik sendiri lebih memperketat lagi hingga melaksanakan swab sebanyak lima kali kepada karyawannya untuk memastikan sembuh," tutur Ugas. 

Ugas menyebutkan, terdapat tambahan 23 kasus dari kedua pabrik itu pada Kamis (8/10/2020). Sebanyak enam pegawai Pabrik S dan 17 pegawai Pabrik SN.

"Sekarang para karyawan menjalani karantina di rumah sehat yang ada di Kecamatan Tiris. Alasan kenapa tidak dirawat di rumah sakit karena RS tidak menerima OTG," ujar Ugas.

Beberapa waktu lalu Kabupaten Probolinggo menjadi zona merah seiring meningkatnya jumlah pasien positif corona. Mayoritas berasal dari klaster pabrik rokok.

Sebelumnya, sebanyak 150 karyawan di dua pabrik rokok di Probolinggo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Cegah Klaster SKB CPNS, Pegawai Kantor Bupati Probolinggo WFH 5 Hari

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica mengatakan, para karyawan tersebut merupakan pasien tanpa gejala.

"Data sementara, 150 karyawan positif corona. Mereka berasal dari klaster pabrik, tepatnya dua buah pabrik," kata Viro, panggilan Vironica saat dihubungi, Rabu (24/9/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com