Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa dan Buruh Kembali Padati Gedung Sate dan DPRD Jabar

Kompas.com - 08/10/2020, 14:31 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan massa dari elemen buruh dan mahasiswa kembali memadati kawasan Gedung Sate dan DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (8/10/2020). Mereka hadir untuk melakukan protes terhadap pengesahan Undang-undang Cipta Kerja.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, demonstran mulai berdatangan sejak pukul 10.00 WIB. Orasi dibuka dari para pekerja hotel, restoran dan sektor pariwisata yang tergabung dalam Federasi Serikat Mandiri (FSM).

Upi Supriatin, pengurus FSM Jawa Barat mengatakan aksi tersebut digelar sebagai bentuk kegelisahan para buruh di sektor pariwisata atas disahkannya UU Cipta Kerja. Padahal, kondisi ekonomi mereka sudah gontai akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Polisi: 209 Pedemo Diamankan di Bandung, Ada Pelajar, Mahasiswa, Pengangguran, bahkan dari Lampung

"Jadi agar mereka tahu dengan aksi terlentang ini, pemerintah dan dewan tahu bagaimana lelahnya perjuangan kita. Orang lelah kan terlentang, tapi kelelahan ini tidak akan pernah menyurutkan kita, dan kita akan bangkit untuk memperjuangkan. Pandemi bikin lesu sektor pariwisata sekarang ada ini (UU Cipta Kerja) jadinya double," tutur Upi.

Upi menilai, pengesahan UU Cipta Kerja sangat merugikan para buruh terutama soal hak pekerja. Seperti tidak adanya kejelasan soal perjanjian kerja waktu tertentu.

"Sesuai dengan aspirasi kami, adalah tolak ombnibus law UU Cipta Kerja yang menurut kami merugikan para buruh ya kami dari sektor pariwisata ikut memperjuangkan untuk menolak semua UU yang ada di UU Cipta Kerja," jelas Upi.

Menjelang siang hari, gelombang massa terus berdatangan. Aparat kepolisian pun melakukan pengawalan ketat. Akses lalu lintas di seputar Jalan Diponegoro ditutup. 

Baca juga: Demo Lanjutan Tolak UU Cipta Kerja di Bandung Dikawal 1.000 Personel Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com