Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Rusuh Demo Tolak Omnibus Law di Lampung, 26 Mahasiswa Terluka

Kompas.com - 08/10/2020, 08:38 WIB
Tri Purna Jaya,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com - Kerusuhan saat demonstrasi mahasiswa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja mengakibatkan 26 mahasiswa terluka.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad (Pandra) mengatakan, berdasarkan data kepolisian, jumlah mahasiswa yang terluka setelah bentrok dengan polisi mencapai 26 orang.

"Sebanyak 20 orang sudah diperbolehkan pulang, sedangkan enam orang masih dalam perawatan," kata Pandra di kompleks gedung DPRD Lampung, Rabu (7/10/2020) malam.

Informasi ini, kata Pandra, sekaligus mengklarifikasi hoaks yang menyebutkan ada mahasiswa yang meninggal dunia pasca-bentrok saat demonstrasi menolak omnibus law itu.

Baca juga: Mahasiswa di Lampung Ancam Menginap di Gedung DPRD

Pandra menyayangkan ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi dengan menyebar hoaks tentang salah satu demonstran meninggal dunia, sehingga kabar itu membuat kisruh suasana.

"Tidak ada yang meninggal, tapi 26 mahasiswa terluka dan sudah dirawat di beberapa rumah sakit di Bandar Lampung," kata Pandra.

Selain itu, Pandra menambahkan, kepolisian juga menahan sekitar 11 orang yang diduga menjadi provokator sehingga menyebabkan demonstrasi berakhir rusuh.

"11 orang diamankan oleh aparat Polresta Bandar Lampung," kata Pandra.

Diberitakan sebelumnya, demonstrasi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Lampung Memanggil di depan gedung DPRD Lampung pada Rabu (7/10/2020) berakhir ricuh.

Kerusuhan terjadi saat massa meminta seluruh anggota dewan untuk hadir dalam aksi tersebut.

Baca juga: Demo Tolak Omnibus Law di Lampung Berujung Ricuh

Akibat kerusuhan itu, kaca pintu gedung DPRD Lampung di lantai satu dan dasar pecah dan sejumlah fasilitas umum rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com