Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Baku Tembak Polisi Vs Buronan Kasus Pencurian di Pasuruan

Kompas.com - 06/10/2020, 15:45 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi baku tembak terjadi antara polisi dan pelaku pencurian dengan kekerasan (curat) di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Senin (5/10/2020) malam.

Dalam baku tembak itu, 3 polisi terluka dan target penangkapan bernama Suis tewas diterjang timah panas aparat.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, awalnya petugas mendapatkan informasi jika Suis sedang berada di rumah warga menghadiri hajatan.

Suis adalah warga Dusun Sumbersuko, Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, yang selama ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kasus curat di sejumlah lokasi.

Baca juga: Baku Tembak Polisi Vs Begal di Pasuruan, 3 Petugas Terluka, Tersangka Tewas

Mendengar informasi keberadaan Suis, Tim Opsnal Subdit III Jatanras Polda Jatim bersama dengan Tim Resmob Polres Pasuruan Kota yang sebelumnya bersiaga di Mako Polsek Grati bergerak mendekati lokasi target.

"Saat tepat di Jalan Desa Jeladri, Kecamatan Lumbang, anggota berpapasan dengan Suis yang mengendarai motor bersama seorang yang tidak dikenal dan petugas pun melakukan pengejaran," kata Trunoyudo.

Tersangka mengetahui jika dirinya diburu oleh polisi. Saat akan masuk ke gang kecil, Bripda Moch Benny menarik sarung tersangka hingga terjatuh.

Saat terjatuh, secara tiba-tiba tersangka mengeluarkan senjata jenis revolver rakitan dengan amunisi 5.56 mm dan menembakkan ke arah perut Bripda Benny dan Bripka Sutiyono.

"Baku tembak pun terjadi antara anggota dan Suis, beberapa anggota terluka dan Suis tewas di lokasi kejadian," ujar dia.

Atas kejadian tersebut beberapa anggota mengalami luka di antaranya, Bripka Hariz Farizy anggota Polres Pasuruan Kota mengalami luka percikan api dari senjata api pelaku di tangan kiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com