Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 Santri di Cilacap Positif Covid-19, Salah Satu Ponpes "Lockdown"

Kompas.com - 06/10/2020, 09:32 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Setelah Kabupaten Banyumas dan Kebumen, klaster penyebaran virus corona (Covid-19) juga muncul di salah satu pondok pesantren (ponpes) di Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, hingga saat ini terdapat 26 orang santri salah satu ponpes di Kecamatan Majenang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"26 (yang terkonfirmasi posotif Covid-19). 16 orang dirawat di rumah sakit, yang 10 diisolasi di tempat khusus karena orang tanpa gejala (OTG)," kata Pramesti melalui pesan singkat, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Cilacap Dibuka Keluarga, Ganjar: Ikuti Prosedur Dokter

Menurut Pramesti, temuan tersebut bermula dari adanya salah seorang santri yang berobat ke puskesmas. Santri tersebut mengeluh demam, batuk dan kehilangan indera penciuman.

"Kemudian kami tindaklanjuti dengan penyelidikan epidemiologi di ponpes dan tes swab," jelas Pramesti.

Lebih lanjut Pramesti mengatakan, telah melakukan tes swab terhadap 239 santri yang dilakukan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama sebanyak 60 santri, gelombang kedua 35 santri dan gelombang ketiga 144 santri.

"Yang sudah keluar hasilnya tes swab 60 santri, di mana 26 di antaranya positif. Untuk hasil swab lainnya masih menunggu," ujar Pramesti.

Baca juga: Buka Peti dan Mandikan Jenazah Pasien Covid-19, 20 Warga di Cilacap Diswab

Atas temuan tersebut, kata Pramesti, seluruh aktivitas di dalam ponpes untuk sementara waktu dihentikan. Ponpes juga untuk sementara tidak menerima tamu atau kunjungan dari luar.

"Tanggal 30 September satgas telah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan ponpes dan melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh santri," kata Pramesti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com