Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabung Nitrogen Meledak, Diduga dari Storage di Dalam Pabrik

Kompas.com - 05/10/2020, 18:33 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Sebuah tabung gas  nitrogen milik PT Bajasarana Sejahtera (PT BJS) di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan  Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) meledak, Senin (5/10/2020) pukul 03.00 WIB.

Menurut keterangan petugas, suara  ledakan terdengar hingga permukiman warga yang jaraknya sekitar 5 kilometer dari lokasi kejadian.

Kapolresta Pontianak Kombes Pol Komarudin menegaskan, telah menerjunkan tim untuk menyelidiki penyebab meledaknya tabung nitrogen cair tersebut.

“Saat ini, tim masih melakukan penyelidikan penyebab meledaknya tabung tersebut,” kata Komarudin saat mengunjungi lokasi kejadian, Senin siang.

Baca juga: Tabung Nitrogen Cair Pabrik Gas Meledak, 40 Rumah di Pontianak Rusak

Komarudin menerangkan, kepolisian juga akan berkoordinasi dan melibatkan sejumlah instansi terkait dalam proses penyelidikan.

“Ini kan terkait bahan kimia. Tentu kita akan melibatkan berbagai instansi dalam proses penyelidikan, saat ini masih mengumpulkan data dan keterangan saksi yang ada di lokasi kejadian,” terang Komarudin.

Sementara itu, Akian, seorang pelaksana harian di PT Bajasarana Sejahtera mengatakan, ledakan tersebut berasal dari salah satu tabung storage nitrogen cair di dalam pabrik.

"Saya ditelepon satpam saat kejadian. Saat tiba di sini, kondisinya sudah seperti ini," kata Akian saat ditemui di lokasi kejadian, Senin siang.

Menurut dia, pabrik PT BJS memiliki dua tabung storage yang sering digunakan, berisi oksigen dan nitrogen cair. Namun yang meledak itu, adalah tabung nitrogen cair yang kosong.

"Kalau tabung meledak kayak gini tidak pernah terjadi. Sial saja. Tiba-tiba tabung meledak sendiri tidak pernah ada.

Baca juga: Tabung Nitrogen Meledak, Perusahaan Perbaiki Rumah Warga yang Rusak

Diberitakan, tabung nitrogen milik PT Baja Sarana Sejahtera di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat ( Kalbar) meledak.

Sejauh ini, peristiwa tersebut mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan seorang sekuriti perusahaan terluka.

Wakil Ketua Badan Pemadam Api Siantan (BPAS) Hadrianus Aldho Diliano yang berada di lokasi usai kejadian mengatakan, peristiwa ledakan terjadi Senin dini hari, sekitar 03.00 WIB.

"Suara dan getarannya terdengar sampai di rumah. Padahal jaraknya lebih dari 5 kilometer," kata Aldho.

Menurut Aldho, setelah mendengar bunyi ledakan, tim pemadam kebakaran langsung turun ke perusahaan untuk melakukan penanganan pertama.

"Akibat ledakan tersebut menyebabkan kerusakan di rumah warga sekitar dan kerusakan pada gudang milik PT BJS," ucap Aldho.

Selain itu, ledakan juga mengakibat seorang sekuruti perusahaan bernama Reza (24) mengalami luka-luka.

"Untuk selanjutnya kasus telah ditangani oleh kepolisian," sebut Aldho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com