Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timses Bobby-Aulia Sebut Tersangka Pesta Kolam Hanya Seorang Relawan

Kompas.com - 05/10/2020, 06:13 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Sekretaris Tim Pemenangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Aulia Rahman, Alween Ong tidak menampik bahwa tersangka kasus pesta kolam tanpa mematuhi protokol kesehatan di Hairos Indah atau dikenal dengan Hairos Water Park adalah ES, relawan Bobby Lovers.

"Kita tidak menampik bahwa beliau Bobby Lovers. Cuma itu kan kita kembalikan lagi. Mereka kan relawan. Bukan kita bentuk, tapi membentuk diri mereka karena supporting dan antusias mereka untuk men-support Bang Bobby," katanya ketika dikonfirmasi via telepon, Minggu (4/10/2020).

Baca juga: Tim Pemenangan Akui GM Hairos yang Jadi Tersangka Pesta Kolam adalah Relawan Bobby Lovers

Dijelaskannya, relawan memiliki struktur ketua, sekretaris dan bendahara tersendiri yang tidak langsung ke tim pemenangan, apalagi Bobby. Pihaknya tidak terpengaruh dengan kasus ES.

Menurutnya, relawan sebatas membantu dan tidak meminta dana. Hampir rata-rata kegiatan relawan itu menggunakan biaya sendiri. 

Polrestabes Medan menetapkan General Manager (GM) Hairos Water Park, ES, sebagai tersangka dalam kasus pesta kolam di tempat wisata air yang berada di Jalan Jamin Ginting, Desa Namu Bintang, Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, karena tidak mematuhi protokol kesehatan dan videonya viral di media sosial beberapa waktu lalu.

ES dijerat Pasal 93 Jo Pasal 9 ayat 1 UU RI Nomor 5/2018 tentang karantina kesehatan Jo Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 017 Menkes/382 2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan ancaman hukuman pidana 1 tahun dan atau denda Rp 100 juta.

Diketahui, saat  kedatangan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara datang ke lokasi, ES awalnya mengenakan kemeja putih dengan tulisan Bobby Lovers di bagian dada sebelah kiri, tepatnya di atas kantong kemejanya. Beberapa saat kemudian ES berganti baju berwarna biru.

Baca juga: Dua Remaja Tewas Tenggelam Saat Sedang Pesta Miras, Begini Kronologinya

Saat itu, ES sempat ditegur oleh Wakil Ketua Tim Operasi Satgas Covid-19, Kol Inf Azhar Mulyadi.

"Nah, bagitu dong. Ganti baju gini, jangan pakai baju yang tadi," katanya kemudian menepuk pundak ES.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com