Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biji Plastik Ditemukan dalam Beras Bansos, Bulog Klaim Sudah Lakukan Kontrol Kualitas

Kompas.com - 03/10/2020, 06:49 WIB
Farida Farhan,
Khairina

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com-Pimpinan Bulog Sub Divre Subang Mita Aryani menyebut beras yang disalurkan berkualitas baik dan sudah melewati kontrol kualias.

Hal itu disampaikannya menyikapi temuan biji plastik dalam bantuan beras dari Kemensos RI di Purwakarta, Jawa Barat.

"Kami telah tetapkan 'quality control management' yang bertugas memastikan kualitas beras sesuai standar kualitas yang ditentukan. Setelah lewati pengecekan kualitas beras medium oleh petugas pengawas kualitas bersama dengan PT BGR dan pendamping di gudang," kata Mita di Purwakarta, Jumat (2/10/2020) sore.

Baca juga: Lagi, Biji Plastik dalam Beras Bantuan Ditemukan di Purwakarta

Beras tersebut, kata Mita, kemudian disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) melalui transporter PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) bekerja sama dengan pendamping PKH

Mita mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan penelusuran terkait temuan biji plastik tersebut. Karenanya, ia mengaku belum bisa menarik kesimpulan soal temuan itu.

"Tapi, masih berusaha mencari penjelasan dari berbagai pihak," ucapnya.

Temuan biji plastik tersebut, tambah Mita, tengah ditangani Kejaksaan Negeri Purwakarta dan Bulog. Ia pun menyerahkan kasus itu kepada aparat hukum.

Warga yang menerima beras berkualitas jelek bisa menghubungi pendamping PKH atau transporternya. Bisa juga menghubungi layanan aduan Bulog ke nomor 082321255482. 

"Kami imbau warga bisa langsung melaporkan," ucapnya.

Sebelumnya, ditemukan biji plastik dalam beras bantuan Kemensos RI di Purwakarta. Kejaksaan Negeri Purwakarta sedang mengusut kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com