Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Girimulyo Jadi Satu-satunya Kecamatan Zona Hijau di Kulon Progo, Ini Rahasianya

Kompas.com - 02/10/2020, 19:12 WIB
Dani Julius Zebua,
Khairina

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com –Kapanewon (kecamatan) Girimulyo satu-satunya kecamatan yang masih bisa dimasukkan sebagai kecamatan dengan zona hijau di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Girimulyo berada di lereng Bukit Menoreh.

Covid-19 belum pernah terkonfirmasi di sana sejak negeri ini dilanda pandemi.

“Sampai dengan hari ini memang hijau, semoga terus seperti ini,” kata Panewu (camat) Girimulyo, Purwono via telepon, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Talaud Zona Hijau Covid-19, Siswa SD dan SMP Kembali Belajar di Sekolah

Kepatuhan warga pada anjuran pemerintah diyakini dominan. Lokasi wisata, tempat kuliner, dan rumah ibadah terpantau menjalani kegiatan dengan protokol kesehatan.

Warga juga dirasa kooperatif ketika pemerintah di pedesaan melakukan pembatasan aktivitas kemasyarakatan, misal pernikahan dan pertemuan-pertemuan.

Aparat dan gugus tugas penanganan Covid-19 tingkat kecamatan hingga desa aktif sosialisasi.

Purwono mengungkapkan, semua itu juga didukung kekuatan fisik warga Girimulyo.

Dia menilai, warga pegunungan yang kebanyakan petani kemungkinan memiliki daya tahan lebih kuat terhadap penyakit.

Namun yang utama, kata Purwono, mobilitas warga tidak sesibuk warga di tengah kota Kulon Progo dan daerah berkembang lainnya.

“Mobilitas tidak seperti kota dan kawasan banyak orang ke luar kota. Di sini jarang pekerja ke luar kota. Mereka cenderung bekerja di sekitar sini saja. Meski ada, jumlahnya tidak seperti di kapanewon lain,” kata Purwono.

Baca juga: Arahan ke Camat, Mendagri Minta Jangan Terlena Status Zona Hijau

Dalam catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, kasus positif di pegunungan memang lebih sedikit di banding kawasan perkotaan. Bahkan Girimulyo belum ada kasus positif.

Sementara, Samigaluh yang wilayahnya lebih tinggi telah mencatat komulatif 2 kasus Covid-19. Sedangkan di Kalibawang ada 3 kasus.

Berbeda dengan kapanewon di dataran dan pesisir, Gugus Tugas mencatat antara 20-30 kasus positif di beberapa kapanewon, seperti Pengasih, Wates, Lendah, Sentolo, dan Kokap.

Kasus Covid-19 Kulon Progo sendiri sudah mencapai 174 kasus. Sebanyak 100 orang telah sembuh, 69 dalam perawatan baik di rumah sakit maupun rawat mandiri di rumah-rumah. Kasus kematian akibat Covid-19 sebanyak 5 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com