Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Persen Destinasi Wisata di Jatim Kembali Buka, Pergerakan Wisatawan Tercatat 2,4 Juta

Kompas.com - 02/10/2020, 17:08 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - 60 persen dari total 969 destinasi wisata di Jawa Timur disebut sudah buka dan beroperasi hingga akhir September 2020 sejak ditutup total pada Maret 2020 karena pandemi Covid-19.

Sementara pergerakan wisatawan lokal yang tercatat mencapai 2,4 juta hingga 24 September 2020 lalu dan okupansi hotel juga merangkak naik hingga angka 70 persen hingga akhir September 2020.

"Alhamdulillah sudah 60 persen destinasi di Jatim yang buka. Pergerakan wisatawan lokal terus naik di angka 2,4 juta, sementara okupansi hotel sampai 70 persen," kata Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jatim Sinarto, dalam Sosialisasi dan Simulasi Panduan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di 9 destinasi MICE, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Pipa PDAM di Surabaya Bocor, Jalan Tergenang, Lalu Lintas Tersendat

Menurut Sinarto, kebanyakan destinasi wisata yang sudah buka dan beroperasi adalah wisata alam.

Sementara wisata buatan, masih sedikit yang buka dan beroperasi karena masih menyesuaikan dengan kebijakan satuan tugas penanganan Covid-19 daerah setempat.

"Meski daerahnya zona orange, tapi kalau pengelola dan pemerintah daerahnya punya komitmen menegakkan protokol kesehatan, bisa saja destinasi dibuka, karena wewenang membuka destinasi adalah wewenang pemerintah daerah," ujar dia.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama stakeholder pariwisata telah rampung menyusun rancangan panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan pada penyelenggaraan kegiatan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran atau MICE.

Panduan tersebut menurut Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani sejalan dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Baca juga: Pemkot Surabaya Cek Perahu Karet dan Saluran Air Menyambut Cuaca Ekstrem

"Panduan tersebut saat ini sedang disosialisasikan dan disimulasikan di sejumlah destinasi MICE seperti Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten, Semarang dan Batam," jelasnya.

Melalui sosialisasi dan simulasi panduan dimaksud, para stakeholders MICE dapat memiliki pemahaman yang sama akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan, sehingga wisatawan MICE yang akan melaksanakan kegiatan di Indonesia dapat merasa aman dan nyaman.

"Kegiatan sektor MICE juga diharapkan kembali siap dan mampu bangkit kembali untuk memacu pertumbuhan dan kreativitas yang lebih baik dari sebelumnya, dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com