Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Cek Kejiwaan Pelaku Coret Mushala dan Robek Al Quran di Tangerang

Kompas.com - 30/09/2020, 20:15 WIB
Acep Nazmudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemeriksaan mendalam masih dilakukan penyidik terhadap pelaku vandalisme Mushala Darussalam di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Untuk memeriksa kondisi kejiwaan S (18), polisi akan mendatangkan para ahli, mulai dari ahli bahasa, agama hingga ahli kejiwaan (psikolog).

"Beberapa saksi ahli, kita akan lakukan pemeriksaan, saksi ahli bahasa, kemudian dari teman-teman MUI dan psikolog," kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indardi di Mapolresta Tangerang, Rabu (30/9/2020).

Pemeriksaan sejauh ini, kata Ade, berjalan lancar. Kendati jawaban yang diberikan pelaku kepada penyidik kerap berubah-ubah.

Baca juga: Mencoret Mushala dan Merusak Al Quran, Pemuda 18 Tahun Jadi Tersangka

Fakta yang diketahui hingga saat ini, menurut Ade, pelaku mengakui perbuatannya melakukan aksi vandalisme di dua mushala di Perumahan Villa Tangerang Elok Pasar Kemis.

Kepada penyidik, S mengatakan bahwa dirinya beraksi seorang diri tanpa ada suruhan dari siapa pun.

"Motifnya adalah pelaku meyakini apa yang dilakukan itu suatu hal yang benar berdasarkan pemahamannya," kata Ade.

Pelaku yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa semester satu di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka. Terhadap dirinya, polisi menjerat tersangka dengan Pasal 156 KUHP.

Sejumlah alat bukti juga sudah diamankan, antara lain pilox warna hitam, lakban, sarung gunting, korek dan Al Quran yang dicoret-coret pilox dan disobek oleh pelaku.

Diberitakan sebelumnya, warga Perumahan Villa Tangerang Elok, Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, dihebohkan dengan aksi vandalisme yang dilakukan orang tidak dikenal di Mushala Darussalam, Selasa (29/9/2020) sore.

Baca juga: Beraksi Sendiri, Ini Motif Pelaku Mencoret Mushala dan Merobek Al Quran

Aksi vandalisme pada Mushala Darussalam berupa dinding dan lantai dicoret-coret menggunakan cat semprot hingga Al Quran disobek.

Video penampakan kondisi Mushala Darussalam yang dicoret-coret tersebar luas dan viral di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com