Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 Jangkiti Sejumlah Pejabat di Bener Meriah, Hasil Swab Bupati Negatif

Kompas.com - 29/09/2020, 07:13 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Bukan hanya Sekretaris Daerah (Sekda) Bener Meriah, Haili Yoga beserta istri dinyatakan positif Covid-19 pada 25 September lalu. Namun dua orang ajudannya dan seorang ajudan bupati setempat juga positif Covid-19.

"Berdasarkan hasil test Swab yang dilakukan pada Kamis lalu, Bapak Bupati Bener Meriah, Sarkawi dan istri dinyatakan negatif Covid-19," kata Jubir Penanganan Covid-19 Bener Meriah, Khalisudin, dihubungi Kompas.com, Senin (28/9/2020).

“Bupati menunaikan janjinya tidak akan menutup-nutupi hasil Swab Covid-19 menyangkut diri dan jajarannya termasuk Sekda," kata Khalisuddin.

Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah, Pemkab Bener Meriah Tutup 17 Sekolah

"Dan berdasarkan test swab Covid-19 di Laboratorium Penyakit Infeksi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada tanggal 25 September 2020 lalu, Bupati Bener Meriah Sarkawi dan istri Ummi Nikmah Sarkawi beserta keluarga hasilnya semuanya negatif Covid-19," sebut Khalis.

Dilanjutkan, hasil Swab pada waktu itu juga menyebutkan salah seorang ajudan bupati dinyatakan konfirmasi Positif Covid-19, berdomisili di Kecamatan Bandar.

Saat itu, dari hasil pemeriksaan sampel yang dilakukan terhadap keluarga Sekda Kabupaten Bener Meriah, Haili Yoga, yang dikeluarkan oleh Lab Penyakit Infeksi Unsyiah Banda Aceh empat (4) Spesimen dinyatakan positif Covid-19.

“Keempat orang tersebut adalah Pak Sekda Bener Meriah, istri yang berdomisili di Kecamatan Bukit dan 2 orang ajudan Sekda, kedua-duanya tercatat sebagai warga Bukit,” rinci Khalis.

Baca juga: Sekda Bener Meriah dan Istrinya Positif Covid-19, Jalani Karantina Mandiri

Terkait itu, tim gugus tugas juga telah mulai melakukan tracing seluruh kontak erat pasien konfirmasi positif Covid-19 dengan melibatkan surveillance Puskesmas bekerjasama dengan Tim Relawan Kampung Lawan Covid-19.

"Hari ini, dilakukan pemeriksaan Swab terhadap kontak erat untuk memastikan apakah ada penularan dari pasien konfirmasi positif Covid-19," jelas Khalis.

Ia menghimbau kepada seluruh kontak erat dapat menjalani isolasi mandiri selama 7-10 hari. Namun apabila dalam jangka waktu tersebut diantara mereka mengalami gejala mengarah kepada Covid-19, segera melaporkan kepada Reje Kampung atau Bidan Desa terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com