Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banten Dipastikan Punya Pemakaman Khusus Covid-19 di Kota Serang

Kompas.com - 28/09/2020, 22:16 WIB
Rasyid Ridho,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan lahan seluas satu hektar untuk dijadikan tempat pemakaman umum (TPU) pasien Covid-19.

Lahan tersebut berada di Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, lahan pemakaman dipersiapkan bagi jenazah pasien Covid-19 di Banten yang kesulitan mencari tempat pemakaman.

"Karena masyarakat kesulitan mencari pemakaman. Kami persiapkan satu hektar yang nantinya dikelola untuk dijadikan tempat pemakaman umum khusus Covid-19," ujar Wahidin.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Banten Cari Lahan Pemakaman di Kota Serang

Kepastian lahan pemakaman setelah adanya rekomendasi dari Wali Kota Serang Syafrudin terkait lokasi yang cocok untuk dijadikan TPU.

"Hari ini kami sudah mendapatkan rekomendasi dari wali kota (Serang) di Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan," kata Wahidin.

Mantan Wali Kota Tangerang itu meminta masyarakat sekitar lahan pemakaman tak usah khawatir terpapar virus corona.

"Tidak ada apabila sudah meninggal, masuk peti, tidak akan menular bagi masyarakat sekitar. Jadi, jangan mau diprovokasi nanti," ucapnya.

Wahidin menambahkan, Pemerintah Provinsi Banten menyediakan lahan pemakaman untuk kepentingan bersama, sehingga butuh kerja sama semua pihak.

"Ini kepentingan kita semua, tentunya kepentingan pemerintah bisa menyedikan fasiltas (pemakaman), dan saudara kita yang meninggal dan keluarganya terfasilitasi," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan bahwa Pemkot Serang sudah memberikan rekomendasi lahan untuk dijadikan pemakaman khusus Covid-19.

"Lokasi lahannya di Sayar, luasnya satu hektar," kata Syafrudin.

Syafrudin menjamin tidak akan ada penolakan bagi jenazah Covid-19.

Baca juga: Waspada, Ini 3 Klaster Penyumbang Kasus Covid-19 di Banten

Apalagi, lokasi lahan yang akan dijadikan pemakaman jauh dari permukiman.

"Masyarakat Kota Serang enggak ada yang menolak dikubur di wilayahnya masing-masing. Kalau tanah yang mau dibeli oleh Provinsi itu jauh dari lingkungan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com