Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isolasi Mandiri Ketat Warga dari Luar Kota, Toraja Utara Kini Hampir Nol Kasus Covid-19

Kompas.com - 27/09/2020, 21:47 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TORAJA UTARA, KOMPAS.com – Jumlah kasus Covid-19 di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dalam beberapa hari terakhir terus mengalami penurunan. Tambahan dua pasien sembuh membuat Toraja Utara mendekat nol Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Toraja Utara, Anugrah Yaya Rundupadang mengatakan saat ini masih tersisa dua orang pasien positif covid-19 yang masih menjalani isolasi.

“Masih ada dua pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi, keduanya hasil kontak pasien positif dan pelintas dari zona merah yang tinggalnya masing-masing di Kecamatan Balusu dan Satu orang dari Kecamatan Rantepao,” kata Anugrah saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (27/09/2020).

Baca juga: Daftar 10 Pilkada Paling Disorot Media, dari Pilkada Surakarta, Medan, hingga Nama Jokowi

Anugrah mengatakan dari dua orang yang tengah menjalani isolasi saat ini, satu di antaranya akan berakhir masa isolasinya.

“Seorang pelintas dari zona merah beralamat di Kecamatan Balusu terakhir hari ini isolasinya,” ucap Anugrah.

Anugrah menjelaskan jumlah kasus positif Covid-19 Toraja Utara mencapai 31 kasus, 27 orang sembuh, dua meninggal dunia dan dua orang masih menjalani isolasi.

Baca juga: Putra Din Minimi, Mantan Pemimpin KKB Aceh, Lolos Menjadi Prajurit TNI

Isolasi mandiri ketat

Upaya menurunkan angka kasus positif Covid-19 terus dilakukan dengan melakukan isolasi mandiri ketat bagi warga yang dari luar kota.

Serta, menggiatkan sosialisasi pemakaian masker dan operasi yustisi kerjasama dengan TNI dan Polri.

“Upaya selanjutnya adalah selain itu melakukan pelatihan senam penambah imun tubuh  dengan cara berjemur di bawah terik mata hari," ujar Anugrah. 

"Ini dilakukan di setiap kecamatan serta, mengajak warga untuk mengkonsumsi atau menambah gizi dengan  daging dan sayuran.” 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com