Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kontak Erat, Brigadir Nanang Ciptakan Robot Patroli Protokol Kesehatan

Kompas.com - 27/09/2020, 13:12 WIB
Hamim,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Nanang Saiful (33), polisi berpangkat Brigadir ini patut diacungi jempol atas karyanya di bidang teknologi informasi.

Sejumlah aplikasi berbasis Information Technology (IT) telah dibuat oleh anggota polisi yang sehari-hari bertugas di Seksi Teknologi Informasi Polri (Sitipol) Polres Bojonegoro, Jawa Timur.

Pria kelahiran tahun 1987 silam ini, kini sedang membuat robot patroli yang akan digunakan sebagai alat pendukung tugas Polri menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Alumni SMA Negeri 1 Bojonegoro tahun 2006 pun meminjam ruang tamu Mess Perwira Polres Bojonegoro sebagai bengkel untuk pembuatan robot karya terbarunya.

Baca juga: Video Robot Gundam Asli Pemanasan, Siap Beraksi Tak Lama Lagi

Saat Kompas.com berkesempatan menemuinya, pria yang jadi polisi sejak 2007 tersebut tampak sibuk sedang mengerjakan rangkaian komponen robot yang sudah 99 persen selesai.

Proses pembuatan robot patroli ini, Brigadir Nanang Saiful membutuhkan waktu sekitar dua bulanan.

Sebab, pengerjaannya di sela-sela menjalankan tugasnya sebagai polisi.

Menurut pengakuannya, ide pembuatan robot sudah menjadi obsesinya sejak lama setelah melihat sejumlah negara maju seperti Cina, Singapura, Uni Emirat Arab, Tunisia, telah menggunakan teknologi robot dalam membantu tugas polisi.

"Dari situ kemudian terpikir kita bisa membuat robot seperti itu," kata Nanang Saiful kepada Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Membanggakan, Para Alumni ITB Ini Bikin Robot untuk Operasi Jantung Jarak Jauh

Pada awal 2020, dia pun membuat coretan desain mulai dari kerangka robot hingga fitur-fitur kelengkapan robot dengan menggunakan gadgetnya.

Setelah membuat portofolio robot yang akan dibuatnya, Brigadir Nanang Saiful akhirnya mempresentasikan ke atasannya Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com