Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Tatap Muka Masuk Tahap Finalisasi, Risma: Guru dan Siswa Harus Tes Swab

Kompas.com - 26/09/2020, 19:07 WIB
Ghinan Salman,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menggelar pertemuan dengan seluruh kepala sekolah dasar (SD) negeri dan swasta di Surabaya lewat konferensi video pada Sabtu (26/9/2020).

Dalam pertemuan daring itu, Risma menyampaikan beberapa hal, salah satunya terkait rencana belajar tatap muka di sekolah.

Menurut Risma, belajar tatap muka akan diterapkan setelah Pemkot Surabaya memastikan guru dan siswa sehat dan bebas dari corona.

Sebab, Risma tak ingin muncul klaster penularan Covid-19 di sekolah.

"Misalnya ada satu orang siswa positif, apa gurunya nanti tidak tertular? Jadi makanya sebelum belajar tatap muka dibuka murid juga harus kita tes swab semua. Jadi nanti kalau selesai guru, akan kita tes swab muridnya," kata Risma dalam konferensi video, Sabtu.

Baca juga: Resmikan Labkesda Surabaya, Risma: Warga Surabaya Bisa Tes Swab Gratis

Dalam kesempatan itu, Risma juga menyampaikan beberapa pesan kepada para kepala sekolah. Salah satunya, penerapan protokol kesehatan di sekolah.

"Karena itu, bapak ibu sekalian saya mohon bantuan semuanya agar disampaikan ke para guru. Jadi jangan bergerombol, kita tidak tahu siapa yang sakit. Mungkin kita kuat, tapi yang tertular belum tentu kuat," ujar Risma.

Bagi Risma, guru adalah sosok penting dalam membentuk karakter anak-anak Surabaya. Ia tak ingin ada guru yang terpapar Covid-19.

Risma pun meminta para guru dan siswa disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun.

"Jadi karena itu saya mohon sekali dengan hormat tolong jaga jarak, gunakan masker dan rajin cuci tangan. Saya mohon dengan hormat panjenengan (anda) semuanya mengikuti apa yang saya sampaikan," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com