Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Ambon Kembali Beralih ke Zona Oranye, PSBB Transisi Tetap Dilanjutkan

Kompas.com - 25/09/2020, 20:49 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kota Ambon kembali menyandang status zona oranye setelah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon Joy Adriansz mengatakan, status zona oranye berdasarkan evaluasi penyebaran Covid-19 yang dilakukan pemerintah pusat.

Baca juga: Suruh Istrinya Kembalikan Sebagian Emas Curian kepada Korban, Pencuri Ini Ditangkap

“Mulai hari ini Kota Ambon sudah keluar dari zona merah menjadi zona oranye. Dari hasil evaluasi terakhir skor Kota Ambon telah mencapai target menjadi 1.91,” kata Joy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Kota Ambon pernah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 pada 7 Juli 2020. Namun, dalam hitungan sebulan, Kota Ambon kembali masuk ke zona merah.

Joy mengungkapkan, ada tiga indikator yang membuat Kota Ambon kembali menyandang zona oranye. Di antaranya, penambahan pasien konfirmasi positif, jumlah kematian, dan tingkat kesembuhan.

Berdasarkan data, jumlah kesembuhan pasien Covid-19 di Ambon cukup tinggi. Meski, masih ada penambahan kasus positif dan pasien meninggal.

“Memang kemarin ada kasus kematian dan terkonfirmasi sedikit naik tapi kita punya tingkat kesembuhan cukup tinggi sehingga itu yang berpengaruh terhadap skor kita,” katanya.

Joy mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat karena membantu pemerintah menangani penyebaran Covid-19.

“Tentu ini berkat kesadaran dan kerjasama semua lapisan masyarakat Kota Ambon. Kita berharap status ini bisa beralih lagi ke zona kuning hingga hijau sehingga kita bisa terbebas dari virus ini,” ungkapnya.

Meski telah menyandang status zona oranye, Pemkot Ambon masih melanjutkan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Baca juga: WN Swiss Mengamuk di Rumah Sakit, Tak Terima Istrinya yang Suspek Covid-19 Diisolasi

Saat ini, PSBB transisi di Kota Ambon telah memasuki tahan kelima.

Joy memastikan Pemerintah Kota Ambon melanjutkan PSBB transisi keenam pada pekan depan.

“Akan dilanjutkan dengan PSBB transisi tahap enam. Operasi Yustisi juga tetap dilakukan, secara gencar, agar semua patuh,“ katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com