Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bayi Terpapar Covid-19 dari Klaster Ponpes Banyumas

Kompas.com - 25/09/2020, 19:57 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 127 orang di salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, positif virus corona (Covid-19).

Bupati Banyumas Achmad Husein mengungkapkan, salah satu yang terpapar Covid-19 merupakan bayi yang masih berusia satu tahun.

"Dua orang dikarantina di pondok, karena ada anak kecil baru satu tahun, sama orang tuanya, kelihatannya pengurus pondok," kata Husein, Jumat petang.

Baca juga: 20 Pondok Pesantren Terkena Wabah Covid-19

Sementara yang lainnya dikarantina di Balai Diklat Baturraden dan sebagian di rumah sakit.

Lebih lanjut Husein mengatakan, hari ini Dinas Kesehatan (Dinkes) telah mengambil sampel swab seluruh santri dan pengurus ponpes tersebut.

"Swab sudah selesai semua, hari ini ada 334 orang, sehingga total yang diswab sudah lebih dari 500. Pengasuh dan pengurus pondok juga sudah diswab," kata Bupati Banyumas Achmad Husein, Jumat petang.

Untuk sementara, kata Husein, ponpes tersebut di-lockdown.

Santri yang menjalani swab massal tahap pertama dengan hasil negatif, dipisah dengan santri yang baru menjalani tes swab hari ini.

"Aktivitas di dalam tetap seperti biasa, seperti makan, cuci dan lainnya, cuma dibatasi aktivitas keluar masuk. Orang yang di dalam jangan keluar, yang di luar jangan ke dalam," ujar Husein.

Baca juga: Muncul Klaster Ponpes di Kebumen dan Banyumas, Ganjar Minta Pembelajaran Dihentikan

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 127 santri di ponpes tersebut positif Covid-19.

Jumlah tersebut didapat dari hasil swab terhadap 292 santri dengan rincian 127 positif, 76 negatif dan sisanya masih menunggu hasil lab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com