Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Ziarah ke Kebumen, 15 Warga Banyumas Positif Covid-19

Kompas.com - 25/09/2020, 14:24 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Sebanyak 15 warga di Dusun Ciroyom, Desa Cikembulan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dinyatakan positif terifeksi virus corona (Covid-19).

Kepala Desa Cikembulan Agus Wijaya mengungkapkan, 15 warga tersebut diketahui positif Covid-19 seusai ziarah di Kabupaten Kebumen, Kamis (11/9/2020) lalu.

"Awalnya salah satu peserta ziarah memeriksakan diri ke puskesmas, karena mengeluh sakit," kata Agus kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: Kronologi Munculnya Klaster Ponpes di Banyumas, Santri Mengeluh Batuk Pilek

Berdasarkan hasil rapid test, kata Agus, yang bersangkutan dinyatakan reaktif. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya positif.

Selain itu, satu peserta ziarah lainnya juga dilaporkan mengeluh sakit dengan gejala mirip Covid-19. Setelah di-swab hasilnya dinyatakan positif.

"Jadi awalnya ada dua yang positif. Kemudian swab massal terhadap 15 orang yang juga ikut ziarah. Hasilnya tambah 13 yang positif, semalam sudah dijemput ke rumah sakit," jelas Agus.

Baca juga: 127 Santri Positif Covid-19, 2 Ponpes di Banyumas Lockdown

Atas temuan tersebut, kata Agus, hari ini tim Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan swab massal terhadap 130 orang. Mereka terdiri atas peserta ziarah dan keluarga.

Agus mengatakan, rombongan ziarah tersebut diikuti sebanyak 80 orang yang terbagi dalam dua bus.

"Untuk sementara kami melakukan lockdown di sembilan RT atau satu RW hingga hasil swab terhadap 130 orang ini keluar," ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com