Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sinjai, 4 di Antaranya Ibu Hamil

Kompas.com - 18/09/2020, 19:49 WIB
Kontributor Bulukumba, Nurwahidah,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SINJAI, KOMPAS.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sinjai Irwan Suaib mengumumkan terdapat penambahan lima kasus baru positif corona.

Dari 5 kasus positif, 4 di antaranya merupakan ibu hamil.

Empat ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab yang dilakukan di RSUD Sinjai, puskesmas, dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Sinjai.

"Dari hasil penyelidikan epidemiologi (PE) empat ibu hamil ini tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah. Tapi kita ketahui bahwa di Sinjai itu sudah transmisi lokal, jadi tanpa keluar daerah risiko tertular itu ada," kata Irwan saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Balita 2 Tahun, Anak Bidan di Sinjai, Terinfeksi Covid-19

Dia menduga keempat ibu hamil tersebut sebelumnya memiliki kontak erat dengan pasien positif.

Seluruhnya telah menjalani isolasi mandiri.

"Sinjai 93,4 persen yang terkonfirmasi positif adalah orang yang tidak bergejala. Jadi kemungkinan empat bumil ini pernah kontak dan orang itu belum pernah di tes swab," ungkapnya.

Irwan menyarankan kepada ibu hamil jika merasakan gejala demam, batuk dan sesak napas segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

"Untuk screening ini kami anjurkan 14 hari sebelum melahirkan supaya sudah swab," ungkapnya.

Baca juga: Ibu Baru Melahirkan Positif Corona, Kamar Operasi RSUD Sinjai Ditutup Sementara

Dia menambahkan, pihaknya semakin gencar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, telah membentuk tim terpadu yang terdiri unsur polisi, TNI, satpol PP dan dinas perhubungan untuk menindak masyarakat yang tidak memakai masker di area publik.

Hingga Kamis 17 September 2020, total pasien positif Covid-19 di Sinjai ada 348 orang, 312 orang sembuh dan 36 orang masih dirawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com