Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Peserta Reaktif Covid-19 Ikuti Ujian SKB CPNS di Ruangan Khusus

Kompas.com - 18/09/2020, 17:20 WIB
Riska Farasonalia,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak empat peserta ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 diketahui reaktif Covid-19 usai dilakukan pemeriksaan oleh tim Satgas Covid-19 pada Kamis (17/9/2020).

Keempat peserta dari Kabupaten Wonosobo tersebut tetap diperbolehkan mengikuti ujian, namun dilakukan di ruang khusus yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara.

"Kemarin (Kamis) ada peserta ujian yang reaktif dari Kabupaten Wonosobo. Ada perempuan dan laki-laki," kata Ketua Panitia Tes SKB CPNS Mohamad Sidiq kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Peserta SKB CPNS Pemprov Jatim Wajib Bawa Hasil Rapid Test

Dia mengungkapkan panitia sudah menyediakan ruangan khusus bagi peserta yang memiliki gejala atau reaktif agar tetap bisa megikuti pelaksanaan ujian seleksi.

"Sesuai dengan SOP BKN kan harus ikut ujian tapi ditempatkan ruang khusus sendiri yang dijaga khusus. Saat mereka datang langsung diperiksa di ruang Satgas Covid-19. Kemudian dikawal lewat pintu khusus menuju ruang khusus yang dijaga ketat. Setelah selesai ujian mereka langsung pulang," jelasnya.

SKB CPNS yang digelar di Udinus ini sudah dilaksanakan sejak 12 September 2020.

"Hari ini terakhir untuk ujian seleksi Kota Semarang. Sejak awal penyelenggaraan hanya ditemukan empat yang reaktif. Kami menyelenggarakan maksimal terkait protokol kesehatan," ucapnya.

Baca juga: 3.945 Peserta di Jateng Akan Ikut SKB CPNS, Catat Prosedurnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengungkapkan, kondisi keempat peserta tersebut sehat dan bisa mengikuti ujian sampai selesai.

"Mereka sehat, wong bisa tetap mengerjakan tes tapi di ruangan khusus yang tidak ber-AC tapi memiliki ventilasi yang baik," jelasnya.

Dia mengatakan, pelaksanaan ujian SKB CPNS telah dipersiapkan dengan baik.

Pasalnya, dinas kesehatan meminta kepada penyelanggara untuk menyiapkan ruangan khusus apabila ditemukan peserta memiliki gejala Covid-19.

Selain itu meminta panitia Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) untuk mengecek status peserta yang terdaftar, termasuk peserta yang sedang diisolasi maupun karantina.

"Selama 1,5 bulan kami mempersiapkan gelaran tes SKB CPNS ini. Kami sudah siapkan seluruhnya termasuk bagaimana protokol kesehatannya mulai alur pendaftaran, dan penanganan jika ada peserta yang bergejala maupun reaktif,” pungkasnya.

Sebelumnya, tes SKB CPNS itu digelar untuk kebutuhan di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah

SKB CPNS tahun formasi 2019 itu diikuti oleh sebanyak 3.945 peserta terdiri dari 433 peserta dari Kota Semarang, 471 peserta dari Kota Pekalongan, 434 peserta dari Kota Tegal, 527 dari Kabupaten Batang, 246 peserta dari Kabupaten Brebes, 1245 dari Kabupaten Tegal, dan 589 peserta dari Kabupaten Wonosobo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com