Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Lamongan 2020, Cawabup dari Jalur Independen Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat Kesehatan

Kompas.com - 16/09/2020, 10:18 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Konfigurasi kandidat yang bakal bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lamongan 2020 besar kemungkinan bakal mengalami perubahan, menyusul hasil tes kesehatan yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan mengenai kondisi bakal pasangan calon yang sudah melakukan pendaftaran.

Sebelumnya ada tiga pasangan calon (paslon) yang telah mendaftar ke KPU Lamongan.

Mereka yakni Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf, Kartika Hidayati-Saim, dan Suhandoyo-Muhammad Suudin yang maju dari jalur perseorangan atau independen.

Namun, dari hasil tes kesehatan yang diterima oleh jajaran KPU Lamongan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya, selaku rumah sakit rujukan yang ditetapkan, Suudin yang menjadi pasangan dari Suhandoyo dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca juga: Golkar Beri Rekomendasi kepada CEO Persela di Pilkada Lamongan 2020

"Oleh tim pemeriksa kesehatan RSUD Dr Soetomo, dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)," ujar ketua KPU Lamongan Mahrus Ali, saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020) malam.

Lantaran dinyatakan TMS, lanjut Mahrus, KPU Lamongan yang sudah menggelar rapat pleno terbuka hasil verifikasi penelitian keabsahan dokumen persyaratan bakal calon kemudian memberikan waktu kepada Suhandoyo untuk mengajukan sosok pengganti Suudin sebagai pasangannya dalam Pilkada Lamongan 2020.

"Kami berikan waktu tiga hari, sejak tanggal 14 (September) sampai 16," terang dia.

Adapun sosok yang bakal diajukan untuk menggantikan posisi Suudin berpasangan dengan Suhandoyo, nantinya diharuskan melengkapi berkas persyaratan paling lambat tanggal 22 September 2020 sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Baca juga: PAN Beri Rekomendasi untuk Yuhronur Efendi di Pilkada Lamongan 2020

Sementara, saat dikonfirmasi terpisah, Suhandoyo belum dapat memberikan penjelasan secara detail mengenai siapa figur baru yang bakal menggantikan sosok Suudin, sebagai pendampingnya dalam Pilkada Lamongan 2020 mendatang.

"Saya masih rapat di Surabaya, mas," ujar Suhandoyo, singkat melalui aplikasi WhatsApp.

Menurut rencana, sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, KPU Lamongan bakal melaksanakan pengundian nomor urut paslon yang bakal bersaing di Pilkada Lamongan 2020 pada tanggal 24 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com