Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bulan Berjuang, Tenaga Medis di Aceh Belum Dapat Insentif

Kompas.com - 15/09/2020, 18:49 WIB
Raja Umar,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDA ACEH , KOMPAS.com - Sudah 6 bulan tenaga medis di Aceh melakukan penangan pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan di seluruh kabupaten dan kota.

Namun, hingga saat ini mereka belum mendapatkan insentif dari pemerintah, seperti yang pernah dijanjikan oleh Pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah beberapa waktu lalu.  

“Seluruh tenaga medis yang bergerak menangani pasien positif Covid-19, hingga saat ini memang belum mendapatkan insentif sesuai dengan yang dijanjikan oleh pemerintah,” kata Safrizal Rahman selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh saat ditemui Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Ini Pengakuan Pengemudi Mobil yang Tabrak Pesepeda hingga Tewas

Menurut Safrizal, insentif penunjang yang dijanjikan akan diberikan kepada seluruh tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid-19 itu memang anggarannya dari pemerintah pusat.

Namun, menurut Safrizal, Pemerintah Provinsi Aceh tentu bisa melakukan talangan dengan menggunakan anggaran daerah, seperti yang dilakukan oleh banyak daerah lain di Indonesia.

“Di beberapa provinsi lain di Indonesia, mereka melakukan inovasi dengan menggunakan anggaran pemerintah setempat untuk insentif tenaga medis yang berjuang menangani Covid-19. Nanti kalau dana dari pusat sudah turun, maka akan dikembalikan ke daerah,” kata dia.

Baca juga: Tak Cukup Denda, Pelanggar Protokol Kesehatan Dihukum Baca Kitab Suci

Safrizal menyebutkan, para tenaga medis yang terlibat dalam penangan Covid-19 di Aceh saat ini galau, karena menunggu kepastian insentif yang tak kunjung datang.

Sementara, di sisi lain mereka dituntut untuk tetap dapat bekerja dengan risiko dan beban yang sangat berat selama pandemi virus corona.

“Kalau boleh kita katakan, galau petugas medis di Aceh, karena sudah menunggu berbulan-bulan tidak mendapatkan insentif. Seharusnya Pemerintah Aceh harus mengambil langkah pasti,” kata Safrizal.

Baca juga: Fakta Baru, Ibu Bunuh Anak karena Susah Diajari Belajar Online

Sebelumnya, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah berjanji akan memberikan insentif bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. 

Insentif tersebut akan diambil dari alokasi dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA).

“Insentif sudah diatur oleh negara, Presiden telah menyebutkan jumlahnya. Meski demikian, kita juga sudah mempersiapkan insentif dengan skema APBA,” kata Nova Iriansyah beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com