Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Kritikan, Tugu "Selamat Datang di Sumedang Kota Tahu" Akan Direnovasi

Kompas.com - 14/09/2020, 12:01 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Setelah banjir kritik dari netizen di sejumlah media sosial Facebook, tugu Selamat Datang di Sumedang Kota Tahu, akhirnya akan diganti.

Gapura yang berlokasi di Jalan Raya Bandung-Sumedang, tepatnya di wilayah Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terus dikritik netizen dalam beberapa bulan terakhir.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memastikan, pembangunan tugu baru sebagai pengganti tugu lama yang banjir kritikan tersebut akan segera dilaksanakan.

"Insya Allah, pembangunan renovasi gapura selamat datang akan dilaksanakan akhir tahun ini," ujar Dony kepada Kompas.com melalui pesan instan WhatsApp, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Kecelakaan Maut di Jalan Proyek Tol Cisumdawu Sumedang, 2 Tewas 4 Luka-luka

Dony mengatakan, banjirnya kritikan netizen soal gapura selamat datang di Sumedang Kota Tahu tersebut memang pantas disampaikan.

Karena, kata Dony, desain gapura yang ada saat ini tidak futuristik, tidak bernilai seni, bahkan terkesan seadanya, dan tidak menggambarkan sebagai kota seni dan budaya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada warga Sumedang dan netizen yang telah menyampaikan beragam kritikannya di media sosial," tutur Dony.

Dony menuturkan, ke depan, gapura baru yang akan dibangun akan mengacu pada Perda tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS) dengan desain dan ornamen bercitarasa seni dan budaya Sunda.

Baca juga: Pulang dari Jakarta Jatuh Sakit, Warga Sumedang Meninggal akibat Covid-19

Dony menyebutkan, desain gapura baru nanti juga akan menggabungkan, perpaduan antara budaya dan teknologi.

"Di mana, holografinya nanti bisa berubah-ubah sesuai desain program ikon-ikon Sumedang. Mulai dari penari jaipong, Mahkota Binokasih, Kuda Renggong, dan ikon lainnya. Di sekitar gapura nantinya juga akan ada taman dan tempat duduk untuk beristirahat atau swafoto," kata Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com