Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumedang Kini Punya Tugu 0 Kilometer

Kompas.com - 08/09/2020, 15:15 WIB
Aam Aminullah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, merupakan salah satu kabupaten yang dilintasi Jalan Raya Pos (De Grote Postweg).

Jalan ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels.

Jalan Raya Pos ini terbentang dari Anyer-Panarukan sepanjang 1.000 kilometer dan rampung dibangun dalam waktu 1 tahun, tepatnya pada 1808.

Baca juga: Polisi Tilang Motor Vanderhall yang Digunakan Calon Bupati Karawang

Namun, sejak selesai dibangun, Kabupaten Sumedang belum memiliki tugu atau monumen nol kilometer.

Penanda 0 kilometer Sumedang selama ini hanya berupa patok kecil yang tak terlihat, karena letaknya berada di trotoar jalan pusat kota.

Namun, saat ini Pemkab Sumedang membangun Monumen 0 Kilometer yang terletak di Jalan Raya Mayor Abdurrachman.

Baca juga: 117 ASN dan Pegawai Pemkot Bandung Positif Covid-19

Warga Lingkungan RT 01/01, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan Hendra Firdaus (52) mengaku bahwa selama ini dia tidak lokasi tersebut merupakan titik 0 kilometer Sumedang.

"Saya asli warga sini, tapi memang baru tahu sekarang, setelah tugunya ini selesai dibangun," ujar Hendra kepada Kompas.com saat Bupati Sumedang meresmikan Monumen 0 Kilometer tersebut, Selasa (8/9/2020).

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meresmikan monumen 0 Km Sumedang, Selasa (8/9/2020). Sejak rampung dibangun tahu 1808, penanda 0 Km hanya sebatas patok kecil yang tak terlihat. AAM AMINULLAH/KOMPAS.comKOMPAS.COM/AAM AMINULLAH Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meresmikan monumen 0 Km Sumedang, Selasa (8/9/2020). Sejak rampung dibangun tahu 1808, penanda 0 Km hanya sebatas patok kecil yang tak terlihat. AAM AMINULLAH/KOMPAS.com
Hendra mengatakan, adanya tugu ini menjadi penanda yang akan bermanfaat, karena warga dari luar daerah jadi mengetahui titik 0 kilometer Sumedang.

"Apalagi tugunya besar dan bagus, kami dan warga luar bisa foto-foto di sini. Terima kasih kepada Pak Bupati yang sudah peduli," tutur Hendra.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, warga Sumedang maupun dari luar Sumedang kerap bertanya di mana posisi 0 kilometer Sumedang.

"Dengan dibangunnya monumen ini, warga Sumedang sekarang bisa tahu bahwa titik 0 kilometer itu ada di sini," ujar Dony.

Dony menyebutkan, di monumen ini juga terdapat informasi sejarah pembangunan jalan yang dibangun pada era kolonial Belanda sepanjang 1.000 kilometer.

"Selain menjadi tugu pengingat. Di monumen ini tertulis catatan sejarah. Jadi warga juga bisa tahu dan mengingat sejarah pembangunan jalan ini. Kami berterima kasih kepada BJB atas CSR pembangunan monumen ini," kata Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com