Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyumas Zona Oranye, Rencana Pembukaan Sekolah Dibatalkan

Kompas.com - 08/09/2020, 13:42 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Rencana pembukaan sekolah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dibatalkan.

Hal itu menyusul adanya peningkatan kasus terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), sehingga Banyumas berstatus zona oranye.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengungkapkan, saat ini angka reproduksi efektif Covid-19 berada di kisaran angka 1,2 atau di atas standar WHO yaitu 1.

"Sudah enggak memungkinkan untuk pembelajaran tatap muka, otomatis dibatalkan. Kalau saya nerobos nanti saya yang disalahkan," kata Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Sempat Landai, Kasus Covid-19 di Banyumas Meningkat, Kini Jadi Zona Oranye

Sebelumnya, Husein sempat memberikan lampu hijau untuk membuka sekolah, karena angka reproduksi efektif berada di bawah angka 1.

"Angka reproduksi efektif di bawah 1 hanya bertahan sekitar sembilan hari. Setelah itu naik lagi," ungkap Husein.

Padahal untuk dapat dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19, angka reproduksi efektif harus di bawah angka 1 selama dua kali masa inkubasi atau sekitar 14 hari.

"Karena kalau reproduksi efektif di atas 1 bukan lagi hijau, tapi oranye, itu berisiko sedang. Kalau sedang, menurut saya sebaiknya jangan ada tatap muka dulu," ujar Husein.

Menurut Husein, pihaknya membatalkan rencana pembukaan sekolah karena khawatir terhadap keluarga siswa yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

"Bukan masalah anaknya, kalau sekolah sih sehat-sehat saja, tapi kakek dan neneknya kalau pulang, atau gurunya yang mengajar," imbuh Husein.

Baca juga: Di-swab Saat Terjaring Razia Masker, 7 Orang di Banyumas Positif Covid-19

Diberitakan sebelumnya, sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Banyuma mengajukan izin pembelajaran tatap muka.

Hal itu menyusul adanya lampu hijau dari Bupati Banyumas Achmad Husein untuk membuka kembali sekolah setelah ditutup selama enam bulan akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com