Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Uus, Beli Bayi Lutung Rp 800.000, Diberi Nama Manda Fransica hingga Dianggap Anak Sendiri

Kompas.com - 08/09/2020, 07:23 WIB
Ari Maulana Karang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com – Sambil terisak, Uus Gumilar (49), menyerahkan bayi lutung yang baru berusia kurang dari tiga bulan kepada petugas Kantor Seksi Wilayah V KSDA Garut. Apalagi, setelah melihat lutung tersebut dimasukan ke dalam kandang sementara sambil terus mengeluarkan suara seolah meminta tolong padanya.

“Sudah seperti anak sendiri, jadi daripada dijual kepada orang lain lalu mati, lebih baik saya serahkan kepada petugas, minimal dia bisa tumbuh besar,” katanya saat ditemui di kantor Seksi Wilayah V KSDA Garut, Senin (07/09/2020) siang.

Uus yang tinggal di Kampung Kaum Lebak Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota mengaku, dia baru membeli bayi lutung tersebut dari seseorang yang menjualnya di media sosial facebook seharga Rp 800.000 dua minggu lalu.

Baca juga: Viral Foto Bunga Bangkai Dalam Pot Jadi Tontonan Warga, BBKSDA Sumut: Pemilik Bisa Dipidana

Setelah membeli di Facebook, dirinya banyak searching di internet soal trik pemeliharaan bayi lutung. Dari hasil searching di internet, dirinya pun mengetahui bahwa lutung termasuk satwa yang dilindungi.

“Ada yang bilang tidak apa-apa karena di Garut masih banyak lutung, tapi setelah saya pikir-pikir undang-undang kan berlaku di semua wilayah Indonesia,” katanya.

Uus mengaku sempat bingung sebelum memberikan peliharaannya kepada petugas KSDA yang memang berwenang. Karena, ada juga yang bilang jika diberikan kepada petugas, peliharaannya akan dijual oleh petugas. Namun, setelah dirinya mendatangi kantor KSDA Garut, apa yang didengarnya tidak terbukti.

“Petugas bilang akan diserahkan ke lembaga konservasi, nanti dirawat disana, kalau memungkinkan bisa dilepasliarkan lagi, yang penting bisa tumbuh besar saja,” katanya.

Baca juga: Kisah Pilu Nenek Esterlan, Kebun Sawit Ludes Dijual Anak Saat Ia Sakit, kini Didakwa Kasus Pencurian

Diberi nama Manda Fransisca

Meski baru dua minggu memelihara bayi Lutung Jawa yang diberi nama Manda Fransisca tersebut, Uus merasa sudah punya ikatan batin yang kuat. Apalagi, selama ini lutung tersebut tidak pernah dimasukannya dalam kandang. Tidur pun, ikut bersama Uus dan selalu dalam pelukan Uus.

“Saat dia (lutung) tidur, sering saya pandangi hingga terketuk melihat satwa ini jadi yatim piatu diambil dari orangtuanya di hutan, hati saya jadi terketuk,” kata Uus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com