Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas PA Minta Selebritis Tak Gunakan Kata "Anjay" demi Ketenaran

Kompas.com - 07/09/2020, 18:45 WIB
Rasyid Ridho,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait meminta publik figur atau artis agar tidak menggunakan kata "anjay".

Menurut Arist, jangan sampai istilah atau kata "anjay" diucapkan oleh kalangan selebritis hanya karena ingin menambah ketenaran, menambah subscribe, atau follower sehingga mengorbankan anak-anak.

"Istilah 'anjay' mengajarkan kepada anak-anak untuk tidak baik. Seharusnya para selebritis stop menggunaka istilah anjay, karena hanya kepentingan untuk persaingan di Youtube," kata Arist saat berkunjung ke kantor LPA Banten di Kota Serang. Senin (7/9/2020).

Baca juga: Polemik Anjay, Peneliti Bahasa Sebut Tak Perlu Ada Pelarangan Kata

Seharusnya, lanjut Arist, kalangan publik figur mengajarkan masyarakat, terutama anak-anak yang menontonnya, menggunakan bahasa yang santun.

Saat ini, kata Arist, polemik yang terjadi di tengah masyarakat terkait istilah "anjay" seolah-olah dibiarkan begitu saja dikonsumsi oleh publik.

Bahkan diajarkan dan dibenarkan oleh kalangan selebriti.

"Saya minta dan saya ingatkan untuk mari bersama-sama meluruskan istilah anjay itu, jika itu merendahkan martabat dan merugikan orang lain stop menggunakan istilah anjay," ujar Arist.

Baca juga: Pimpinan DPR: Polemik Larangan Penggunaan Kata Anjay Tak Bermanfaat

Untuk itu, Komnas Perlindungan Anak mengimbau publik figur untuk menghentikan menggunakan kata "anjay",

"Untuk kawan-kawan selebritis, publik figur yang tentunya dia hidup akan berpengaruh pasa orang lain. Berbeda dengan masyarakat biasa," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com