Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Putuskan Dukung Irna-Tanto di Pilkada Pandeglang

Kompas.com - 04/09/2020, 15:45 WIB
Rasyid Ridho,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Partai Gerindra akhirnya memutuskan untuk mendukung calon petahana Ìrna Narulita dan Tanto W Arban pada Pilkada Pandeglang 2020.

Kepastian tersebut tertuang dari Surat Keputusan (SK) DPP Partai Gerindra nomor 08-1031/Rekom/DPP-Gerindra/2020 tentang rekomendasi bakal calon bupati dan wakil bupati Pandeglang pada periode tahun 2020-2024.

Sekertaris DPD Partai Gerindra Banten Andra Soni saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan bahwa partai berlambang garuda itu sudah resmi mengusung Irna-Tanto di Pilakda Pandeglang.

"Keputusannya tadi malam, DPP sudah mengeluarkan form B1-Kwk atas nama Irna Narulita dan Tanto W Arban untuk di Pilkada Kabupaten Pandeglang," kata Andra, Jumat (4/9/2020).

Baca juga: Krisyanto Jamrud Gagal Maju ke Pilkada Pandeglang dari Independen

Menurut Andra, keputusan untuk mendukung Irna-Tanto pada pesta demokrasi di Pandeglang itu sudah melalui proses panjang sebelumnya.

"Jadi kita sudah melalui proses panjang, kita sudah menyampaikan kepada pimpinan kita di tingkat DPP potensi calon siap bertarung," ujarnya.

Andra menegaskan, ada beberapa nama yang ikut penjaringan seperti, Thoni Mukson, Mulyadi, Aap Aptadi dan pasangan Irna-Tanto.

"Irna ikut (penjaringan), Thoni juga ikut. Dua-duanya kita usulkan, mengerucut dari sekian banyak, ada Mulyadi, Aap, tapi mencalonkan ini perlu ada dari parpol lain," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerinda Pandeglang Syahruddin menambahkan, SK rekomendasi dukungan akan diserahkan hari ini kepada Irna-Tanto secara simbolis.

"Tinggal diserahkan, lagi nyari waktunya, hari ini. SK-nya sudah dipegang di saya, tinggal diserahkan," kata Syahruddin.

Diketahui Irna-Tanto sudah resmi didukung 7 partai politik, yakni Gerindra, PDIP, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PKS dan PBB.

Baca juga: Pilkada Pandeglang, PDI-P Bergabung Usung Pasangan Petahana Irna - Tanto

Sedangkan calon lawannya yakni Thoni Mukson-Miftahul Tamamy didukung dua parpol, yakni PPP dan PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com