Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Calon yang Positif Covid-19 Bisa Daftar ke KPU secara Virtual

Kompas.com - 04/09/2020, 11:22 WIB
Citra Indriani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai hari ini, Jumat (4/9/2020).

Di Provinsi Riau, jika ada bapaslon yang positif Covid-19 bisa mendaftarkan melalui virtual.

Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto mengatakan, apabila ada bapaslon yang positif Covid-19, maka pendaftaran diterima tanpa kehadiran yang bersangkutan.

"Bisa menggunakan virtual atau video call untuk memastikan eksistensi calon tersebut. Kemudian, pemeriksaan kesehatan ditunda, sampai selesai masa isolasinya dan tes swab kembali dengan hasil negatif," kata Nugroho, Jumat.

Baca juga: PDI Perjuangan Dukung Petahana dan Putra KH Cholil Bisri di Pilkada Rembang

Pria yang akrab disapa Nugi ini menambahkan, kemungkinan yang terjadi adalah tahapan penetapan paslon yang dijadwalkan oleh KPU pada tanggal 23 September akan terlampaui.

"Nah, jika akibat bapaslon positif Covid-19 berdampak pada perubahan jadwal pada tahapan pencalonan, maka akan dibuat perubahan jadwal khusus bagi bapaslon yang positif. Bagi bapaslon yang negatif, tetap mengikuti jadwal tahapan pencalonan sesuai PKPU 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada 2020," papar Nugi. 

"Dan yang membuat jadwal baru itu adalah KPU provinsi atau kabupaten kota yang menyelenggarakan pilkada. Perubahan jadwal dituangkan dalam bentuk surat keputusan," sambungnya.

Nugi menjelaskan, sosialisasi tentang prosedur di tahapan pencalonan sudah dilakukan oleh semua KPU kabupaten/kota yang menggelar pilkada di Riau, baik kepada partai politik, LO bapaslon, paslon, maupun pemangku kepentingan.

Baca juga: Paslon Pilkada Positif Covid-19 Diperbolehkan Daftar ke KPU

Untuk wilayah Riau, terdapat sembilan daerah yang akan melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati, yaitu Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Siak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com