Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Gibran-Teguh Bakal Mendaftar ke KPU Naik Sepeda dan Kenakan Baju Adat Jawa

Kompas.com - 03/09/2020, 16:24 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah, Jumat (4/9/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan paslon Gibran-Teguh akan memakai pakaian adat Jawa berupa lurik dan belangkon sidomukti.

Mereka berdua juga akan bertolak ke KPU Solo menaiki sepeda.

Baca juga: PPP dan PKB Sepakat Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020

Pada saat mendaftar, paslon Gibran-Teguh akan diantar para pendukung masing-masing ada yang menggunakan andong dan sepeda.

Ada tujuh andong yang disiapkan sebagai transportasi para pengiring.

"Pendamping dan pengantar kira-kira ada 30 orang. Nanti yang boleh masuk 12 orang," kata Rudy dalam konferensi pers di Kantor DPC PDI-P Solo, Jawa Tengah, Kamis (3/9/2020).

Rudy mengungkapkan alasan menggunakan sepeda dan andong sebagai alat transportasi perjalanan ke KPU adalah untuk menekan polusi udara.

"Kalau kita menggunakan sepeda dan andong tentunya ada suara yang berisik. Namun demikian tidak mengurangi bobot dari pendaftaran ke KPU," ujarnya.

Baca juga: Gibran Mengaku Idolakan Megawati hingga Risma

Dalam pendaftaran ini, para pimpinan partai politik (parpol) pendukung paslon Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 juga akan ikut mengantar pemberangkatan ke KPU.

Parpol pendukung itu antara lain, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com