Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Babel Siap Terima Kunjungan Wisatawan, Gubernur Erzaldi: Saya Pastikan Protokol Kesehatan Diterapkan di Tempat Wisata

Kompas.com - 02/09/2020, 11:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menegaskan, wilayahnya sudah siap menyambut kunjungan wisatawan. Kesiapan itu ditandai dengan hotel, tempat wisata, hingga tempat kuliner yang buka dan beroperasi kembali.

“Di era new normal ini, saya juga memastikan protokol Covid-19 berjalan dengan baik di tempat-tempat wisata Pulau Belitung,” ungkapnya, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan itu saat memantau kelayakan water sport Pulau Belitung menjadi pilihan wisata olah raga air pascapandemi Covid-19, Selasa (1/9/2020).

Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan persiapan pembukaan kembali wisata Pulau Belitung dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru.

Hal ini dilakukan setelah beberapa bulan yang lalu, Indonesia dan banyak negara lain di dunia mengalami kesulitan melakukan aktivitas sosial karena kekhawatiran merebaknya Covid-19.

Baca juga: Mentan Apresiasi Langkah Gubernur Erzaldi Jadikan Babel Penyangga Ketahanan Pangan Nasional

Kini, tepatnya pada Agustus-September 2020, keadaan mulai berangsur memasuki tatanan kehidupan baru 

“Tentunya persyaratan penerbangan dan kedatangan di bandara tetap harus dijalankan sesuai protokol yang berlaku,” jelasnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Sebagai informasi, Babel menjadi salah satu provinsi yang masuk kategori zona hijau Covid-19. Ini artinya di Babel  sudah tidak ada kasus atau infeksi virus corona.

Oleh karena itu, Babel mendapat rekomendasi pemerintah pusat untuk menjadi salah satu daerah yang dibuka kembali.

Baca juga: Kembalikan Kejayaan Lada, Gubernur Babel Lepas Ekspor 45.000 Kg Lada ke Jepang

Babel juga dapat dikunjungi untuk tujuan wisata pascapandemi atau memasuki era tatanan kehidupan baru.

Erzaldi pun menilai ini menjadi hal yang baik bagi Babel karena pariwisata menjadi industri yang begitu diminati, setelah berbulan-bulan masyarakat dilarang untuk melakukan aktivitas secara ramai.

“Para wisatawan tidak perlu khawatir, selain Babel merupakan zona hijau, kondisi tempat wisata ini juga ramah protokol Covid-19,” tambahnya.

Seperti diketahui, Babel memiliki banyak potensi alam, khususnya wisata pantai. Lautan yang tenang, air laut jernih, hingga pulau-pulau kecil dengan pemandangan memanjakan mata akan mampu mengembalikan dan menyegarkan pikiran pascapandemi. (Nona DP/Listya)

Baca juga: Dorong Sektor Pariwisata, Indonesia Bangun Jembatan Gantung Kaca

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com