Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tenaga Medis Positif Covid-19, Layanan Rawat Jalan RSMAK Ditutup

Kompas.com - 02/09/2020, 07:15 WIB
Masriadi ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi


GAYO LUES, KOMPAS.com – Manajemen Rumah Sakit Muhammad Ali Kasim (RSMAK) Kabupaten Gayo Lues, Aceh, menutup layanan kesehatan rawat jalan untuk sementara waktu.

Kebijakan itu diambil menyusul 5 tenaga medis terdiri dari perawat dan bidan yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Gayo Lues Safwan menyebutkan, sudah dua hari terakhir layanan kesehatan rawat jalan terpaksa ditutup sementara.

Baca juga: Mengaku Pegawai Kantor Pajak di Jambi, Penipu Ini Meraup Rp 38,9 Juta

“Kami sudah screening juga perawat dan bidan yang kontak langsung dengan 5 tenaga medis itu. Jumlahnya 69 orang dengan menggunakan rapid test. Hasilnya, 69 itu non-reaktif,” kata Safwan saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2020).

Dia menyebutkan, 5 tenaga medis itu kini dirawat intensif di salah satu bangunan rumah sakit yang khusus untuk tenaga medis yang terpapar virus corona.

“Secara umum kondisinya baik, mereka ini orang tanpa gejala. Tentu kita doakan hasil swabnya segera negatif virus corona. Jika sudah negatif, tentu mereka akan bertugas seperti biasa lagi melayani masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Bupati Bandung Minta Ulama Bantu Menekan Angka Perceraian

Selain itu, dia meminta masyarakat Gayo Lues patuh pada protokol kesehatan dan meningkatkan imun tubuh, sehingga tidak mudah terpapar virus corona.

“Patuhi protokol kesehatan, jaga jagak, rajin cuci tangan dan kenakan masker,” kata Safwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com