Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Sulit akibat Corona, Puluhan Warga Karimun Antre Minta Uang ke Bupati

Kompas.com - 01/09/2020, 10:53 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memengaruhi perekonomian masyarakat di Kabupaten Karimun, khususnya warga dengan ekonomi menengah ke bawah. Mereka nyaris tidak memiliki penghasilan.

Kondisi itu pun tergambar dengan banyaknya warga yang mengadu kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq untuk mendapatkan bantuan sejumlah uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, hampir setiap hari sekitar pukul 08.00 WIB, puluhan warga yang rata-rata kaum ibu terlihat sudah mendatangi rumah dinas Bupati Karimun dan antre untuk meminta bantuan.

Alimah (50), salah seorang warga Karimun yang ikut mengantre, mengaku kondisi saat ini sudah serba susah.

Baca juga: Klaster Kapolsek Kundur Bertambah, Pulau Kundur di Karimun Zona Merah

Bahkan, untuk bertahan hidup, ia terpaksa mengantre demi meminta bantuan kepada Bupati Karimun.

“Kondisi sekarang ini serba susah, bukan tidak mau bekerja, tetapi di tengah kondisi ini tahulah susah buat mencari kerja. Jadi ke mana kita harus mengadu, ya di sini. Jualan kaki lima juga tidak ada yang beli,” kata Alimah saat ditemui di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Selasa (1/9/2020).

Alimah mengatakan, meski terkadang hanya mendapatkan Rp 50.000, uang sebesar itu sudah sengat membantunya.

“Alhamdulillah dari Pak Bupati dapat membantu, walaupun jumlahnya hanya Rp 50.000, tetapi itu sangat bermakna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari membantu,” jelas Alimah.

Senada juga disampaikan Ramlah (42) yang mengatakan, sejak pandemi Covid-19 ini, suaminya tidak lagi bekerja ke Malaysia.

Kini, suaminya hanya mengandalkan kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari.

“Kadang sebulan hanya dapat Rp 250.000. Di masa sekarang untuk memenuhi kebutuhan dengan uang segitu mana cukup. Kami terpaksa mengadu ke kepala daerah,” kata Ramlah.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi Kepri, Kadin Sewakan Lahan Gratis di Batam, Bintan dan Karimun

Pemandangan antrean puluhan warga itu telah terlihat sejak dua pekan lalu. Sejak pagi, warga terlihat sudah berkumpul di kediaman dinas orang nomor satu di Karimun itu.

Mereka dibariskan oleh petugas jaga dari Satpol PP di depan rumah dinas Bupati Karimun. Bantuan itu diberikan Bupati melalui ajudannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com