Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdagang di Jakarta, Pulang ke Sumedang Positif Covid-19

Kompas.com - 31/08/2020, 17:42 WIB
Aam Aminullah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - IH (57), perempuan asal Desa Kertaharja, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, positif virus corona atau Covid-19.

IH merupakan seorang pedagang yang berjualan di Jakarta.

Setibanya di Kabupaten Sumedang beberapa hari yang lalu, IH dites swab dan hasilnya diketahui positif Covid-19, Senin (31/8/2020).

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, IH merupakan pasien positif Covid-19 ke-91 di Sumedang.

"IH merupakan pelaku perjalanan luar kota. Setibanya di Sumedang dan dites swab, hasilnya diketahui positif Covid-19 hari ini," ujar Iwa kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin.

Baca juga: Soal Rencana Pembukaan Bioskop di Sumedang, Ini Kata Bupati

Iwa menuturkan, IH merupakan pasien tanpa gejala, sehingga dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Iwa menyebutkan, selain IH, hari ini juga ada dua tambahan pasien positif Covid-19. Keduanya merupakan kontak erat dengan pasien positif corona sebelumnya.

Mereka adalah OY, perempuan (68) warga Desa Situraja, Kecamatan Situraja, pasien nomor 92.

"Pasien nomor 92 ini memiliki riwayat kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 asal Situraja. Pasien melakukan isolasi mandiri di rumahnya karena merupakan pasien tidak bergejala," sebut Iwa.

Iwa menuturkan, pasien ke-93 yaitu YM (47), perempuan asal Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang.

Pasien YM, kata Iwa, diketahui positif Covid-19 dan merupakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 asal Rancakalong.

"YM diketahui positif Covid-19 hasil swab test masif yang kami lakukan terhadap kontak erat pasien positif Covid-19 sebelumnya. Pasien ini juga tanpa gejala sehingga dianjurkan melakukan isolasi mandiri," tutur Iwa.

Iwa menambahkan, penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang ini harus menjadi kewaspadaan bersama.

Saat ini, kata Iwa, dari total pasien positif Covid-19 sebanyak 93 kasus, sebanyak 4 pasien di antaranya dirawat di RSUD Sumedang dan 4 pasien isolasi mandiri.

Baca juga: 31 Tenaga Medis RSUD Sumedang Positif Covid-19, Gugus Tugas Kaji Penutupan Rumah Sakit

Pasien sembuh sebanyak 84 orang, dan 1 kasus meninggal dunia.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga di Sumedang untuk lebih disiplin dengan menerapkan protokol kesehatan, selalu menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak, jahui kerumunan, olahraga secara teratur, dan jaga pola hidup bersih dan sehat," kata Iwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com