Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kader PKB Disebut Jadi Calon Kepala Daerah di Jabar

Kompas.com - 31/08/2020, 07:30 WIB
Putra Prima Perdana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan ikut menjadi partai partai pengusung dan pendukung di Pilkada serentak yang digelar di 212 daerah dari 270 daerah di seluruh Indonesia.

"DPP PKB memutuskan di 270 daerah Pilkada, di 212 (daerah) PKB akan ikut sebagai pengusung atau pun pendukung untuk mememenangkan," kata Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid saat ditemui seusai menghadiri penyerahan SK dukungan dan usungan kepada sejumlah bakal calon kepala daerah di Bandung, Jawa Barat, Minggu (30/8/2020).

Pilkada 2020 di Jawa Barat akan digelar di 8 kabupaten dan kota.

Baca juga: AHY Beri Dukungan Demokrat untuk Dadang dan Sahrul Gunawan di Pilkada Bandung

Jazilul mengatakan, 7 oramg kadernya dipastikan akan ikut bertarung sebagai calon bupati dan wakil bupati.

"Di Jawa Barat kebetulan tidak banyak, cuma 8 kabupaten kota dan alhamdulillah berdasarkan laporan,  7 dari 8 daerah adalah kader PKB, apakah calon bupati ataupun wakilnya," kata dia.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat Syaiful Huda mengatakan, PKB tidak menutup atau membatasi koalisi dengan partai manapun.

Menurut dia, dari 8 daerah yang mengadakan Pilkada, PKB berkoalisi dengan sejumlah partai potensial.

"Koalisi kita beragam, variatif, ada beberapa tempat berkoalisi dengan PDIP, Golkar bahhkan dengan PKS. Dengan PKS kita ada di 3 tempat, Pilkada Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya," kata dia.

Baca juga: Di Pilkada 3 Daerah ini, PKS Jabar Bingung Tentukan Langkah Dukungan

Dalam kesempatan tersebut, Huda mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan kepastian dari PKS untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Bandung.

Mereka mengusung  pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung, Dadang Supariatna-Sahrul Gunawan.

Seperti diketahui, setelah tidak mendapatkan restu dari Partai Golkar untuk maju sebagai calon bupati, Dadang Supriatna memilih mundur dari Partai Golkar dan bergabung menjadi kader PKB.

Dadang kemudian diusung sebagai calon bupati di Pilkada Bandung 2020 bersama pasangannya, artis Sahrul Gunawan yang diusung oleh Partai Nasdem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com