Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Targetkan Menang di Pilkada Serentak di DIY, PKS Usung 2 Incumbent

Kompas.com - 29/08/2020, 21:52 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan menang dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan diselenggarakan di 3 kabupaten di DIY yaitu Sleman, Bantul, dan, Gunungkidul.

PKS telah memberikan Surat Keputusan (SK) kepada tiga pasangan calon bupati yang akan maju dalam pilkada.

Ketiga calon digadang-gadang dapat menang pilkada lantaran hasil survei yang lebih unggul dibandingkan kandidat lain.

Baca juga: Ini 17 Pasangan Kepala Daerah yang Diusung PKS dalam Pilkada Serentak di Jatim, Surabaya Target Menang

Ketua DPW PKS DIY M Darul Falah mengatakan, PKS mematok target kemenangan dalam pilkada di Bantul, Sleman dan Gunungkidul.

“Kami optimistis bisa menang. Melihat hasil survei yang sudah dilakukan ketiga calon yang diusung semua unggul dibandingkan kandidat lainnya,” kata dia

Menurutnya, selain modal hasil survei yang menunjukkan unggul adalah kesiapan mesin politik yang sudah siap hingga ke tingkat pelosok dan diyakini dapat memenangkan pilkada di tiga kabupaten di DIY.

“Sementara dalam Pemilu Legislatif 2019 kemarin, PKS DIY mendapatkan suara peringkat kedua di DIY. Ini modal besar yang dimiliki PKS,” ucapnya.

Baca juga: Di Pilkada 3 Daerah ini, PKS Jabar Bingung Tentukan Langkah Dukungan

Darul Falah mengungkapkan, ketiga pasangan calon yang mendapatkan SK adalah Sutrisna Wibawa yang merupakan rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai calon bupati Gunungkidul, akan berpasangan dengan Ketua DPD PAN Bantul Mahmud Ardi Widanto.

Pasangan yang akan bersaing di Pilkada Bantul adalah Suharsono yang merupakan incumbent yang didampingi oleh calon wakil bupati Totok Sudarto.

Selanjutnya yaitu Sri Muslimatun dan Amin Purnomo yang maju di Pilkada Sleman.

Sri Muslimatun saat ini adalah Wakil Bupati Sleman sedangkan pasangannya yaitu Amin Purnomo merupakan tokoh masyarakat yang mendaftar melalui DPD Golkar Sleman.

“Ada dua calon incumbent yang kami usung, yakni Pak Suharsono di Bantul dan Bu Muslimatun di Sleman. Sedangkan Prof Sutrisna adalah Rektor UNY dan putra asli Gunungkidul. Mereka bertiga adalah calon bupati yang sudah jelas terbukti kemampuan dan kapasitasnya,” katanya.

Sutrisna Wibawa mengatakan, ada kesamaan visi dan misi dengan PKS.

“PKS merupakan partai yang mampu menjaga integritas kebenaran, solidaritas, dan komitmen menjaga kesatuan Indonesia,” katanya.

Sutrisna juga mengungkapkan dirinya ingin mengimplementasikan ilmu kepemimpinan dan pengembangan ilmu pengetahuan langsung ke masyarakat.

“Saya ingin memajukan tanah kelahiran saya Gunungkidul," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com