Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Biaya Rp 11,3 Triliun, Fasilitas Bandara International Yogyakarta Tuai Pujian Jokowi, Apa Saja?

Kompas.com - 28/08/2020, 14:15 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memuji fasilitas yang ada di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal itu disampaikan saat meresmikan bandara yang memiliki luas terminal 219.000 meter persegi tersebut, pada Jumat (28/8/2020).

“Kalau dibandingkan airport lama di Adisutjipto, panjang runway di sana 2.200 meter. Di sini 3.250 meter. Jauh lebih panjang,” kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi berharap BIY bisa melayani berbagai jenis pesawat termasuk yang terberat maupun berbadan lebar, seperti Airbus A320 dan Boeing 777.

Selain itu, kapasitas terminal BIY yang 13 kali lipat dari bandara sebelumnya dan mampu menampung 20 juta penumpang per tahun.

Baca juga: Presiden Jokowi Apresiasi Bandara Internasional Yogyakarta: Terbaik di Indonesia

Tahan gempa dan tsunami

Presiden Joko Widodo bersama rombongan meninggalkan Yogyakarta International Airport (YIA) usai meresmikan YIA di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). Proyek pembangunan YIA yang berdiri di atas tanah seluas 600 hektare dan memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi serta memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter itu telah 100 persen selesai. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.Andreas Fitri Atmoko Presiden Joko Widodo bersama rombongan meninggalkan Yogyakarta International Airport (YIA) usai meresmikan YIA di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). Proyek pembangunan YIA yang berdiri di atas tanah seluas 600 hektare dan memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi serta memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter itu telah 100 persen selesai. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.

Salah satu keunggulan yang tak luput dari perhatian Jokowi adalah konstruksi tahan gempa dan tsunami.

Seperti diketahui, BIY memiliki daya tahan gempa 8,8 SR dan menahan gelombang tsunami setinggi 12 meter.

Menurut Jokowi, semua rancangan itu diselesaikan dalam tempo cepat.

“Bandara Yogyakarta International Airport sudah selesai 100 persen. Bandara ini dikerjakan hanya dalam 20 bulan. Cepat sekali,” kata Jokowi.

Baca juga: Semburan Lumpur Capai Belasan Meter, Ini Video Saat Letusan di Kesongo Blora

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com